Thursday, 19 January 2023 16:25

Indonesia Gelar Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN Februari Mendatang

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

Jakarta (voinews.id) : Mengawali Keketuaan ASEAN tahun 2023, Indonesia akan menggelar pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN pada Februari mendatang.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Sidharto R. Suryodipuro, Kamis (19/1), di Jakarta.

Ia mengatakan kegiatan pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN rencananya akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 3-4 Februari 2023 di Kantor Sekretariat ASEAN di Jakarta.

“Tanggal 3 Februari itu adalah pertemuan dari ASEAN Coordinating Council, badan tertinggi di bawah Summit yang juga berfungsi untuk membuat keputusan,” katanya.

Beberapa isu yang rencananya akan dibahas dalam pertemuan tersebut salah satunya terkait isu Timor Leste. Menurut Sidharto, pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN rencananya akan dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Timor Leste Adaljiza Albertina Xavier Reis Magno.

“Di situ juga akan disepakati tentang modalitas partisipasi Timor Leste. Seperti yang diketahui Timor Leste sudah diterima sebagai negara ASEAN yang ke-11 tapi yang perlu diputuskan adalah bagaimana bentuk partisipasinya hingga mencapai tahap partisipasi penuh,” kata Sidharto.

Selain menggelar pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN, Indonesia juga akan menggelar sejumlah pertemuan ASEAN lain, diantaranya KTT ASEAN pada bulan Mei serta rangkaian pertemuan ASEAN dengan sejumlah mitra pada bulan Juli.

Selain itu, menurut Sidharto, Indonesia direncanakan juga akan menggelar KTT ASEAN kedua pada bulan September, termasuk pertemuan East Asia Summit.

Read 284 times Last modified on Thursday, 19 January 2023 17:24