Thursday, 19 January 2023 17:28

ASEAN Tidak Akan Tersandera oleh Isu Myanmar

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Jakarta (voinews.id) : Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Sidharto R. Suryodipuro mengatakan ASEAN dibawah Keketuaan Indonesia tahun 2023 tidak akan tersandera dalam pembahasan penyelesaian konflik Myanmar saja. 

“Selama keketuaan kita dan juga tahun-tahun yang lain ASEAN Community Building akan terus berlanjut. ASEAN is not one issue organization. ASEAN tidak akan disandera oleh isu Myanmar saja,” katanya dalam keterangan yang disampaikan, Kamis (19/1) di Kantor Kementerian Luar Negeri di Jakarta. 

Sidharto mengatakan Indonesia mendorong semua pihak di Myanmar untuk melakukan komunikasi antar pihak yang berseberangan terkait persoalan yang dihadapi. 

Disisi lain, menurutnya, ASEAN terus mendorong bantuan kemanusiaan untuk terus dilanjutkan demi membantu rakyat Myanmar.

“Persoalan Myanmar bersifat rumit merupakan persoalan yang harus diselesaikan di antara mereka sendiri. ASEAN itu akan bersifat mendorong, membantu di mana diperlukan. Bantuan kemanusiaan akan terus dilanjutkan melalui komunikasi dengan semua pihak,” katanya.

Sidharto R. Suryodipuro mengatakan selain isu Myanmar, ASEAN dibawah Keketuaan Indonesia tahun 2023 juga perlu membahas sejumlah persoalan mendesak lainnya seperti tantangan pangan dan energi hingga stabilitas keuangan dan arsitektur kesehatan kawasan.

“Tahun ini diharapkan dapat mengambil beberapa keputusan penting tentang membuat organisasi yang lebih tanggap terhadap berbagai perkembangan di kawasan yang bisa membawa resiko besar untuk stabilitas dan kemakmuran kawasan,” tegasnya.

Read 281 times