Friday, 03 February 2023 16:31

Pengamat harapkan Pemilu 2024 demokratis sesuai semangat reformasi

Written by 
Rate this item
(0 votes)

VOI News : Pemilihan Umum yang akan berlangsung di Indonesia pada 2024 harus berjalan demokratis.Dengan berbagai tantangan yang ada,  Indonesia harus mampu menjalankan proses demokrasi yang terjadwal.  Demikian dikatakan Ketua Departemen Ilmu Politik, Universitas Indonesia, Julian Aldrin Pasha dalam acara “Demokrasi Indonesia Menuju Pemilu 2024 : Wacana dan Praksis“ di The  Habibie Center Jakarta Kamis (2/2).

“Sebetulnya ancaman kita ketika melihat kembali reformasi,tujuan kita sebetulnya untuk how to democrate (menjadi lebih demokratis). Apa yang menjadi semboyan kami disini bagaimana agar ini terus berjalan, the democracy must go on harus terus berjalan,” jelas Julian.

Julian Aldrin Pasha juga menjelaskan Indonesia menghadapi tantangan yang belum terpikirkan sebelumnya.Tantangan tersebut lahir dari sebuah pesta demokrasi yang sudah ditetapkan waktunya melalui proses pemilu.

“Tapi masalahnya kita menghadapi tantangan yang tidak pernah kita pikirkan terhadap demokrasi. Bahwa yang menjadi ancaman terbesar sekarang bukan datang dari mereka yang berbaju hijau,bukan dari militer. Tapi dari mereka yang justru terpilih produk satu election terjadwal yang betul - betul resmi legitimate melalui proses pemilu. Tapi kemudian mereka yang disebut  dipilih oleh rakyat tadi  kemudian sepakat didalamnya untuk membuat suatu perubahan demi perubahan yang dilakukan secara perlahan sedikit demi sedikit  dan to the end of the day  menjadi suatu yang disebut Autoritari,” kata Julian.

Julian mengharapan agar bangsa Indonesia semua mengawal untuk kepentingan  bersama di Pemilu 2024. Menurutnya  yang terpilih nanti  diharapkan menjadi pemimpin terbaik yang bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik yang  dihasilkan dari satu pemilu elektoral di 2024. (AF)

Read 232 times