Saturday, 04 February 2023 11:51

ASEAN Retreat Bahas 5PC dan AOIP

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Jakarta (voinews.id) : Para Menteri Luar Negeri negara-negara anggota ASEAN telah merampungkan agenda hari kedua dari rangkaian ASEAN Ministerial Meetings (AMM). Pada hari kedua telah dilaksanakan ASEAN Retreat yang merupakan puncak kegiatan AMM tahun 2023.

“Kita baru saja menyelesaikan hari kedua yang merupakan hari terakhir Retret Menteri Luar Negeri ASEAN,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers usai ASEAN Retreat, Sabtu (4/2) di Jakarta.

Menurut Retno, ASEAN Retreat membahas tiga topik utama yaitu peninjauan dan keputusan para pemimpin ASEAN tentang Implementasi Konsensus 5 Poin (5PC), hubungan eksternal dan isu regional dan internasional.

Terkait 5PC, Retno Marsudi menjelaskan, konsensus ini merupakan usulan Indonesia dan telah dirundingkan. Menurutnya usulan ini mendapatkan dukungan luas dari seluruh negara anggota ASEAN.

“Rencana ini sangat penting bagi ASEAN, khususnya Ketua, sebagai pedoman untuk mengatasi situasi di Myanmar secara bersatu. Ini menunjukkan kesatuan yang kuat dari Anggota ASEAN untuk mengimplementasikan 5PC,” kata Retno.

Terkait isu regional dan internasional, menurut Retno, para Menteri telah membahas beragam isu dalam ASEAN Retreat. Ia mengatakan, implementasi ASEAN Outlook on The Indo-Pacific (AOIP) telah isu sentral selama pembahasan.

“Kami juga sepakat untuk membuat pertemuan kami dengan mitra dialog lebih efektif dan produktif,” katanya.

Sementara terkait hubungan eksternal, Retno Marsudi mengatakan para menteri membahas sejumlah hal antara lain cara untuk meningkatkan kemitraan dengan Uni Eropa, Dewan Kerja Sama Teluk, Kanada, Australia dan Jepang, termasuk dengan mengintensifkan keterlibatan di tingkat tertinggi.

“Kami sepakat untuk mendorong kemitraan yang lebih bermakna dan substantif berdasarkan kesetaraan, saling menghormati, dan saling menguntungkan,” kata Retno.

Hal lain yang tak kalah penting, menurut Retno adalah mengenai East Asia Summit. Ia mengatakan East Asia Summit harus terus diperkuat sebagai wahana utama dan forum strategis untuk mengatasi tantangan di kawasan.

Read 190 times