Tuesday, 23 January 2018 12:00

Indonesia Raih Penghargaan Di Ajang UNWTO Di Spanyol

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Kabar membanggakan datang dari dunia pariwisata Indonesia, dimana pada 17 Januari 2018 kemarin, Indonesia kembali meraih penghargaan di bidang inovasi wisata internasional dari United Nation World Tourism Organization ( UNWTO/Organisasi Pariwisata Dunia PBB) di Madrid, Spanyol. Indonesia yang diwakili oleh The Sumba Hospitality Foundation dan Triponyu.com berhasil menjadi yang terbaik di kategori Organisasi Non-Pemerintah. Triponyu.com dan The Sumba Hospitality Foundation menjadi juara pertama dan ketiga. Wakil dari Indonesia tersebut harus bersaing dengan wakil dari Meksiko (Grupo Ecológico Sierra Gorda) dan Italia (Associazione YODA).

dengan diperolehnya penghargaan tersebut, menurut Menteri Pariwisata, Arief Yahya, ada keuntungan yang diperoleh indonesia, pertama adalah calibration yaitu mengkalibrasi apakah yang dilakukan sudah sesuai. Kedua adalah credibility yaitu mengangkat nama baik bangsa. Dan ketiga adalah confidence yaitu meningkatkan kepercayaan diri Indonesia. TripOnYu sendiri merupakan aplikasi booking wisata, dengan trip yang cukup unik. Aplikasi itu menghubungkan wisatawan lokal dan mancanegara kepada masyarakat lokal yang memiliki trip-trip wisata bervariatif. Tidak hanya karena trip wisata yang unik, namun komunitas ini memberdayakan masyarakat lokal sehingga menghasilkan banyak lapangan kerja dan pemasukan. Sementara The Sumba Hospitality Foundation merupakan sebuah yayasan yang fokus dengan aksi sosial berupa pendidikan di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Mereka memberikan pendidikan berupa pemahaman industri pariwisata untuk masyarakat lokal melalui sekolah perhotelan.

UNWTO dibentuk tahun 1957 dan UNWTO Awards sudah diluncurkan sejak 2003. UNWTO Awards merupakan penghargaan yang diberikan untuk individu maupun proyek yang mampu menunjukkan pencapaian inovasi untuk meningkatkan dan mengembangkan dunia pariwisata yang berkelanjutan sesuai dengan UNWTO Global Code of Ethics for Tourism and the Sustainable Development Goals (SDGs). Pada gelaran tahun ini, sebanyak 55 negara di dunia mengirimkan 128 inovasinya dalam bidang pariwisata untuk diadu untuk merebutkan 6 penghargaan.Demikian edisi Warna Warni kali ini dengan tema Indonesia raih penghargaan di ajang UNWTO di Spanyol. Kita jumpa lagi dalam edisi Warna Warni berikutnya dengan tema-tema menarik lainnya.//Dora

Read 942 times Last modified on Tuesday, 23 January 2018 13:53