Tuesday, 21 March 2023 18:43

Indonesia Tegaskan Komitmen Dukungan untuk Pasifik

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

VOInews, Jakarta: Indonesia kembali menegaskan komitmennya untuk mendukung pembangunan di negara-negara Pasifik, termasuk di Papua Nugini. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pertemuan Indonesia-Pacific Forum for Development (IPFD) yang diselenggarakan pada Desember 2022 lalu telah menjadi landasan untuk keterlibatan Indonesia dalam mendukung pembangunan di Pasifik.

“Seiring upaya kita untuk tumbuh dan berkembang bersama, IPFD Desember lalu telah berfungsi sebagai platform untuk keterlibatan yang lebih besar antara Indonesia dan Pasifik, menetapkan area proyek yang akan mendukung pembangunan dan kemakmuran di Pasifik,” kata Retno Marsudi dalam keterangan yang disampaikan secara daring, usai menghadiri pertemuan Joint Ministerial Commission (JMC) ke-3 bersama Menteri Luar Negeri Papua Nugini Justin Wayne Tkatchenko, di Jakarta, Selasa (21/3).

Selain itu, Retno Marsudi juga menegaskan komitmen Indonesia untuk memperkuat kerja sama di bidang pendidikan. Menurutnya Indonesia siap menawarkan beasiswa bagi pelajar dari Papua Nugini untuk melanjutkan pendidikan di Indonesia.

“Dan kami juga berkomitmen untuk melanjutkan kerja sama dalam merevitalisasi fasilitas umum dan kesehatan di Vanimo dan Port Moresby,” tambahnya.

Sebagai bagian dari Pasifik, Indonesia, menurut Retno Marsudi, akan terus memastikan Kawasan Asia-Pasifik menjadi bagian tak terpisahkan dari Indo-Pasifik yang stabil dan makmur.

Selain itu, ia mengatakan, sebagai Ketua ASEAN, Indonesia juga ingin mendorong keterlibatan yang lebih era tantara ASEAN dan negara-negara Pasifik, termasuk dengan mendorong kerja sama antar sekretariat, yaitu antara Sekretariat ASEAN dan Sekretariat Pacific Islands Forums (PIF).

“Sehubungan dengan itu, Indonesia mengajak negara-negara Pasifik, tentunya termasuk Papua Nugini, untuk berpartisipasi dalam Indo-Pacific Infrastructure Forum (IPIF), sebagai wadah untuk mendorong kerja sama konkrit antar negara di Indo-Pasifik,” katanya.

Lebih lanjut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut, Indonesia dan Papua Nugini berbagi visi yang sama tentang pentingnya suara Pasifik didengar dalam mengatasi tantangan umum global seperti manajemen bencana, perubahan iklim dan ekonomi biru.

“Indonesia berkomitmen kuat untuk tujuan ini dan akan terus menjembatani Pasifik ke dunia,” tambahnya.

Retno Marsudi menggaris bawahi komitmen Indonesia untuk menjadikan Papua Nugini sebagai salah satu tetangga terdekat dan mitra strategis Indonesia. Dirinya pun menyampaikan kesiapan Indonesia untuk terus membina kerja sama yang erat dengan Papua Nugini berdasarkan rasa saling menghormati, percaya dan menguntungkan.

Read 217 times