Tuesday, 21 March 2023 20:24

Dewan Pengawas Dorong Sinergi Voice of Indonesia RRI dengan Kementerian Luar Negeri RI

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

VOInews, Jakarta: Anggota Dewan Pengawas Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Mohamad Kusnaeni mengatakan LPP RRI melalui Voice of Indonesia membutuhkan sinergi dengan Kementerian Luar Negeri dalam upaya penguatan citra positif bangsa Indonesia di mata dunia.

“Jadi apa yang kita lakukan hari ini adalah mencoba membangun sinergi agar kita sebagai media bersama dengan teman-teman yang ada di Kementerian Luar Negeri menyatukan langkah menjalankan tugas kita untuk bangsa dan negara ini,” katanya dalam sambutan pada Webinar Sinergi Voice of Indonesia RRI dan Kementerian Luar Negeri RI, di Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/3).

Ia mengatakan baik Voice of Indonesia RRI maupun Kementerian Luar Negeri RI sama-sama memiliki visi memperkuat citra positif bangsa Indonesia di mata dunia. Oleh karena itu menurutnya kedua pihak akan mudah untuk bekerja sama.

“Dengan memiliki pemahaman yang sama tentang peran kita sebagai media RRI terutama sebagai Lembaga Penyiaran Publik dengan Kementerian Luar Negeri bahwa kita sama-sama membawa tugas untuk memperkuat citra positif bangsa di mata dunia, menurut saya sinergi itu akan sangat mudah dibangun. Menurut saya kerja sama itu akan sangat mudah diwujudkan,” katanya.

Sementara itu Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri Hartyo Harkomoyo mengatakan media merupakan salah satu kekuatan soft power diplomacy yang harus dirangkul dalam mendukung pembangunan citra positif bangsa.

“Dan kita sangat berbahagia, saya sangat berterima kasih karena disini telah hadir Voice of Indonesia yang kita harapkan dapat menjadi soft power diplomacy kita,” katanya.

Ia pun mengajak seluruh perwakilan Indonesia yang hadir dalam webinar tersebut untuk memanfaatkan Voice of Indonesia yang memiliki layanan bahasa asing yang mampu menjangkau hampir seluruh masyarakat di berbagai belahan dunia dengan beragam bahasa.

“Voice of Indonesia itu memiliki sembilan bahasa yang ini harus kita manfaatkan. Voice of Indonesia memiliki berbagai macam platform. Dan saya menilai, dalam pengamatan kami, Voice of Indonesia merupakan salah satu media yang sangat progresif,” katanya.

Dirinya pun berharap agar perwakilan RI dapat menyambut baik dan mengambil kesempatan ini untuk membawa berbagai capaian yang telah diraih oleh seluruh perwakilan Indonesia di luar negeri kepada masyarakat, baik di dalam maupun di luar negeri.

Read 215 times