Tuesday, 28 March 2023 19:30

Bawa Misi, Dua Kapal Perang Perancis Berlabuh di Jakarta

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

VOInews, Jakarta : Dua kapal perang Angkatan Laut Perancis, yakni LHD (Landing Helicopter Dock) “Dixmude” dan frigat “La Fayette” berlayar keliling dunia. Kedua kapal tersebut berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, sejak 26 Maret hingga 29 Maret 2023.

Komandan kapal LHD Dixmude, Kapten Emmanuel Mocard kepada awak media di atas landasan pendaratan helikopter kapal tersebut, Selasa (28/03/2023), mengungkapkan Indonesia merupakan mitra hebat bagi Prancis. Tentara Prancis juga terkesan dengan perairan dan negara di kawasan Indo-Pasifik, karenanya kedua kapal Perancis menyempatkan untuk menyinggahi Indonesia.

Emmanuel menjelaskan, selama kunjungan di Jakarta pihaknya melakukan banyak kegiatan bersama untuk lebih mendekatkan diri dengan Indonesia, termasuk mengundang jurnalis dari sejumlah media tanah air melalui kedutaan Perancis di Jakarta. Pada kesempatan tersebut Emmanuel juga mengaku terkesan dapat menggelar latihan bersama dengan prajurit infanteri Indonesia.

“Sejauh ini, saya tertarik pada militer Indonesia. Setiap tahun kapal–kapal Perancis datang ke Indonesia. Kesempatan yang baik dapat bekerja sama sesama tentara. Dapat saya katakan bahwa kerja sama ini dapat menjadi efisien bagi militer kedua negara.” jelas Emmanuel.  

Selama tiga hari di Indonesia sebanyak 120 prajurit taktis Angkatan Darat Prancis mengikuti latihan bersama “Garuda Guerrier Joint Exercice” dengan Batalion Infanteri Lintas Udara 328/Kostrad di Cilodong, Jawa Barat.

Kapten Emmanuel Mocard menambahkan dalam misi keliling dunia pihaknya juga membawa serta 160 kadet yang sebagian diantaranya berasal dari sejumlah negara Eropa, Amerika, Afrika, dan Asia. Dua kapal perang Perancis tersebut menjalankan misi negara yang diberi nama Jeanne d’Arc 2023.(gus)

Read 175 times