Thursday, 09 August 2018 00:00

Desa Wisata Lerep

Written by 
Rate this item
(2 votes)

Hari ini kami akan memperkenalkan Desa Wisata Lerep. 24 hingga 25 Juli lalu telah digelar Festival Desa Wisata di Lapangan drh Soepardi, Sawitan, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang. Dalam ajang tersebut, 33 Kabupaten di Jawa Tengah mengirimkan perwakilan desa wisatanya untuk memperkenalkan potensi desa wisata di masing-masing kabupaten/kota. Provinsi Jawa Tengah sendiri punya 147 desa wisata yang sudah terverifikasi. Dari 147 desa wisata tersebut, ada 5 desa wisata unggulan yang telah siap dikunjungi wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara. Salah satu yang akan kami perkenalkan kali ini adalah desa wisata Lerep.Desa Wisata Lerep terletak di kawasan Kecamatan Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah. Cukup dekat dari Kabupaten Ungaran, dan hanya 40 menit dari pusat Kota Semarang. Desa seluas 682 hektar terdiri dari 7 Dusun, yakni Dusun Indrokilo, Dusun Lerep, Dusun Soka, Dusun Tegalrejo, Dusun Lorog, Dusun Karangbolo dan Dusun Mapagan. Sebagian wilayahnya merupakan daerah perbukitan. Dengan topografi dataran tinggi, desa wisata Lerep memiliki pesona keindahan yang luar biasa. Pemandangan gunung ungaran terhampar jelas dari wilayah ini dan pepohonannya yang lebat membuat wilayah ini punya udara yang sejuk. Desa wisata ini juga memiliki potensi alam yang melimpah, seperti curug, hamparan sawah yang luas, pemandangan alam yang indah serta keanekaragaman hayati yang melimpah.

bagi anda yang berkunjung ke desa wisata Lerep, berbagai kegiatan wisata menarik telah menanti anda. Disini anda bisa belajar dan merasakan langsung bagaimana memproses susu murni mejadi aneka olahan pangan. Anda juga bisa belajar bagaimana memproses kopi, buah-buahan, biogas, dan ragam wisata agro lainya. Daya tarik obyek wisatanya pun tidak kalah menarik. Ada Air Terjun Indrokilo, tempat rekreasi keluarga kolam renang alami Watu Gunung, Embong Lerep, dan lainnya.

Desa Lerep juga punya wisata budaya, dimana Desa ini memiliki kawasan wisata berbasis seni, seperti Kampung Seni Lerep. Bangunan utama Kampung Seni Lerep berbentuk Limasan dengan dua tingkat. Selain itu bangunan ini juga dimanfaatkan sebagai museum untuk menyimpan barang yang mengandung unsur seni, seperti misalnya gelas, piring, dan guci. Di dalam Kampung Seni juga ada jembatan panjang yang di bawahnya merupakan bangunan theater. Kemudian ada Watu Gunung. Watu Gunung merupakan kawasan desa wisata yang mengandung nilai artistik. Watu Gunung merupakan tempat wisata yang memiliki beberapa bangunan tua berbentuk joglo dengan konsep danau buatan. Nuansa di Watu Gunung terasa sejuk dan nyaman karena dapat melihat Gunung Ungaran secara lebih jelas. Bagi anda yang ingin bermalam, tersedia homestay untuk menampung puluhan orang. Tidak ketinggalan pula ada warung, rumah makan, dan toko oleh-oleh sederhana khas desa ini.

Read 3797 times Last modified on Thursday, 09 August 2018 11:23