Sunday, 12 August 2018 00:00

Festival Pesona Budaya Borneo II

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Festival Pesona Budaya Borneo kembali diselenggarakan pada tanggal 10 – 14 Agustus 2018. Pada tahun ini Festival ini diselenggarakan di Banjarmasin, Ibu Kota Kalimantan Selatan, setelah tahun lalu diadakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Kegiatan ini dipusatkan di kawasan bekas Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin. Festival ini diisi dengan pagelaran seni budaya Dayak yang menampilkan berbagai kesenian, seperti tari tradisi dan kreasi, melukis perisai, memahat talawang (tameng atau perisai), menyumpit, kuliner daerah, pameran produk unggulan, lomba foto pesona Dayak dan berbagai tradisi Kalimantan Selatan lainnya. Kegiatan juga ditandai dengan karnaval budaya yang melibatkan peserta dari Kalimantan sekaligus melibatkan komunitas masyarakat setempat seperti pecinta sepeda tua atau ontel mania. Karnaval ini diikuti oleh peserta dari Kalimantan dan negeri jiran Malaysia.

Ketua Pelaksana Festival Pesona Budaya Borneo II Ramond mengatakan, kegiatan ini akan diikuti ratusan peserta dari provinsi se-Kalimantan, serta dari negara tetangga. Menurut Ramond, sebagai tuan rumah Pemprov Kalimantan Selatan beserta Dewan Adat Dayak (DAD) Kalsel sudah melakukan persiapan menyambut tamu dan kontingen dari provinsi lain agar dapat memberikan yang terbaik dalam pelaksanaan kegiatan yang berskala nasional ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Heriansyah mengatakan, Festival Pesona Budaya Borneo II diharapkan meningkatkan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara pada kunjungan wisata 2020 dapat tercapai. Menurutnya festival ini dihadiri oleh sejumlah menteri Kabinet Kerja RI, 12 Duta Besar negara sahabat yaitu Jerman, Perancis, Italia, Ceko, Brasil, Belanda, China, Arab Saudi, Jepang, Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam. Kegiatan ini juga dihadiri masyarakat Dayak yang ada di Serawak, Malaysia dan Brunai Darussalam.

Sementara itu Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalsel Difriadi Darjat mengatakan tema yang diusung untuk tahun 2018 adalah “Dengan Budaya dan Pariwisata Kita Bergerak Membangun Kalimantan Untuk Lebih Sejatera”. Menurutnya, festival ini merupakan menghadirkan kekayaan, kearifan lokal masyarakat Kalimantan, baik dalam bentuk seni budaya maupun kultur pembaruan yang dijiwai semangat Bhineka Tunggal Ika. Difriadi menambahkan kegiatan ini merupakan sarana promosi dan publikasi seni dan budaya masyarakat Kalimantan.

Selain sebagai sarana promosi dan potensi seni dan budaya masyarakat Kalimantan, Festival Pesona Budaya Borneo II juga bertujuan untuk membangun komunikasi strategis pemasaran produk daerah di berbagai sektor, baik nasional dan internasional. Meningkatkan kreativitas masyarakat di bidang pengembangan IPTEK, seni dan budaya, membangun daya saing ekonomi masyarakat Kalimantan, dan sebagai sarana hiburan interaksi dan sosialisasi yang bersifat edutainment kepada masyarakat luas, serta mendorong kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara. Festival ini diharapkan dapat lebih memperkenalkan dan memberi pengetahuan kepada para peserta dan pengunjung mengenai keanekaragaman budaya dan kearifan lokal Kalimantan yang harus terus dijaga dan dilestarikan bersama.

Read 2207 times Last modified on Monday, 13 August 2018 10:42