Thursday, 11 May 2023 12:15

Mistam Tantang Akademisi Berikan Pendidikan Politik Publik Via RRI

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews, Jakarta : Dalam menyongsong pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024,Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) sejak sejak awal tahun 2023 terus menggalakkan Gerakan Cerdas Memilih (GCM) melalui semua kanal dan platform yang dimiliki, baik di stasiun daerah seluruh Indonesia maupun sejumlah satuan kerja di pusat, Jakarta termasuk di Stasiun Siaran Luar Negeri (Voice of Indonesia).

 

Hal tersebut dikemukakan Direktur Program dan Produksi LPP RRI, Mistam, dalam sambutannya saat membuka Gelar Wicara Youth Forum di kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Kamis (11/05/2023).

 

“RRI dalam tahun ini sampai Februari (2024) itu gencar-gencarnya melaksanakan gerakan cerdas memilih. Semua lorong programa Pro-1, Pro-2, Pro-3, Pro-4, Voice of Indonesia, portal kita rri.co.id dan juga RRI-Net, (online streaming) Voice of Indonesia sekarang ini, mulai awal tahun sampai akhir tahun dan Januari dan Februari tahun 2024 itu betul-betul memaksimalkan segala potensinya untuk mengajak berbagai pihak untuk melakukan gerakan cerdas memilih”, jelas Mistam.

 

Menurut Mistam, pihaknya menantang semua akademisi baik mahasiswa maupun pengajar-pengajar di kampus untuk berkontribusi mengedukasi politik terhadap publik melalui siaran RRI dengan memanfaatkan berbagai kanal tersebut.

 

Secara terpisah Kepala LPP RRI Stasiun Luar Negeri Soleman Yusuf mengatakan, para pemilih muda ini tentu perlu mengetahui dan memahami nilai penting dari penyelenggaraan pemilu. Untuk itu lewat Youth Forum yang diselenggarakan bekerjasama dengan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Voice of Indonesia akan memainkan perannya sebagai media main stream untuk mengedukasi pemilih muda tentang pentingnya pemilu.

 

“Mereka harusnya mengetahui dan memahami bahwa pemilu tidak hanya sebagai sarana untuk mengevaluasi penyelenggaraan pemerintah, tetapi sarana integrasi bangsa dan menentukan pemimpin yang mampu menghadirkan masa depan lebih baik bagi Indonesia”, kata Soleman.

 

Soleman menjelaskan gelar wicara Youth Forum yang diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret Surakarta, pada hari Kamis (11/05/2024), mengangkat tema Gerakan Cerdas Memilih, “Mengapa Saya Harus Memilih?”. Tema ini akan dibahas para narasumber Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti, Komisioner BAWASLU Kota Surakarta Poppy Kusuma N.W., Dosen Ilmu Komunikasi FISIP UNS Andrine Prima Afneta dan Duta Mahasiswa UNS Muhammad Rizki.

 

Selain itu dalam Youth Forum ke-6 ini, juga dihadiri Anggota Dewan Pengawas LPP RRI Mohamad Kusnaeni, Kepala Stasiun LPP RRI Stasiun Luar Negeri Soleman Yusuf, Dekan FISIF UNS Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M. Si. dan 100-an mahasiswa.(gus)

Read 160 times Last modified on Thursday, 11 May 2023 12:23