Wednesday, 31 May 2023 10:12

RRI VOI bersinergi dengan KJRI Kuching Gelar Sarasehan Gerakan Cerdas Memilih yang diikuti seratusan WNI

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

VOInews, Kuching: Seratusan warga negara Indonesia (WNI) yang terdiri dari perhimpunan pelajar Indonesia (PPI) dan pekerja migran Indonesia (PMI) secara antusias mengikuti kegiatan Sarasehan Gerakan Cerdas Memilih (GCM) yang digelar Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching, Sarawak, Malaysia dan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Siaran Luar Negeri (Voice of Indonesia) di lingkungan KJRI Kuching, Senin (22/05/2023) dan disiarkan serentak bersamaan dengan pelaksanaan GCM oleh stasiun RRI seluruh Indonesia, Rabu (31/05/05).

Kepala LPP RRI Stasiun Luar Negeri Soleman Yusuf, sehubungan dengan  di Jakarta, Rabu, mengatakan para pemilih di luar negeri perlu mengetahui dan memahami nilai penting dari penyelenggaraan pemilu.

Untuk itu, kata Soleman, melalui Sarasehan Gerakan Cerdas Memilih yang diselenggarakan bekerjasama dengan Konsulat Jenderal RI Kuching, Sarawak, Malaysia, LPP RRI Voice of Indonesia juga memiliki misi yang sama dengan stasiun RRI di seluruh daerah yakni memainkan peran sebagai media main stream untuk mengedukasi pemilih tentang pentingnya pemilu.

“Sarasehan Gerakan Cerdas Memilih berupaya memberikan edukasi dan literasi kepada masyarakat Indonesia yang ada di luar negeri, khususnya pemilih pemula tentang tahapan Pemilu 2024”, jelas Soleman

Dia juga mengatakan partisipasi aktif pemilih luar negeri dalam memilih pemimpin bangsa pada pemilu tanggal 14 Februari 2024 nanti sangat penting dalam menentukan masa depan bangsa dan negara.

"Memilih para pemimpin bangsa kita itu menjadi penentu bagi keberlanjutan masa depan kita," imbuhnya.

Ditambahkannya, kegiatan ini merupakan komitmen Voice of Indonesia, dalam mengawal pemilih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) yang baik, dengan cara memberikan informasi yang benar, mendidik, dan mencerdaskan terkait Pemilu 2024.

"Agar warga negara kita menjadi pemilih yang cerdas, maka mereka harus mengerti aturannya, prosesnya, dan memahami calon pemimpin seperti apa yang ingin dipilih. Nah, itu merupakan tugas LPP RRI Voice of Indonesia untuk menyajikan informasi yang benar," kata Soleman.

Dalam gelar wicara, Sarasehan Gerakan Cerdas Memilih yang diselenggarakan di Aula KJRI Kuching, Sarawak, pada hari Senin 22 Mei 2024, mengangkat tema Gerakan Cerdas Memilih, “Menuju Pemilih Cerdas”. Tema ini akan dibahas para narasumber; Konsul Jenderal RI Kuching R. Sigit Witjaksono, Ketua PPLN Kuching Lucky Fathria J., Ketua Panwaslu Kuching Muhamad Sophian, serta Perwakilan Masyarakat Indonesia di Kuching Nurzen.

Selain itu hadir juga Anggota Dewan Pengawas LPP RRI Mohamad Kusnaeni, Kepala Stasiun LPP RRI Stasiun Luar Negeri Soleman Yusuf, serta sebanyal kurang lebih 100 peserta sarasehan yang mewakili PPI, PMI dan Masyarakat Indonesia di Kuching.

Sementara tahapan untuk Pemilu di luar negeri saat ini telah berjalan yakni pembentukan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN), dan pendaftaran pemilih. Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) memproyeksikan pemilih luar negeri pada Pemilu 2024 sebanyak hampir dua juta orang.

Namun demikian, ada kemungkinan jumlah ini berpotensi bertambah mengacu pada Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang sudah diserahkan Kementerian Luar Negeri kepada KPU. Jumlah ini tidak jauh berbeda dari saat Pemilu 2019 lalu yakni sebanyak 2.058.191. Dari jumlah ini, sekitar seperempat pemilih Luar Negeri terdaftar di wilayah Malaysia termasuk Kuching, Sarawak.(gus)

Read 200 times Last modified on Wednesday, 31 May 2023 11:27