Friday, 16 June 2023 12:45

KJRI gelar peluncuran penerbangan perdana AirAsia Rute Kuching – Jakarta - Kuching

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

 

 

VOInews, Kuching : Penerbangan perdana maskapai AirAsia rute Kuching – Jakarta – Kuching resmi diluncurkan pada Kamis (15/06/2023), bertempat di International Kuching Airport, setelah sehari sebelumnya dilangsungkan soft launching yang digelar Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di lingkungan KJRI Kuching, Negeri Serawak, Malaysia, Rabu (14/06) lalu.

 

Konsul Jenderal RI Kuching, Dr. R. Sigit Witjaksono, sebagaimana dikutip dari siaran pers KJRI Kuching yang terima Voice of Indonesia, di Jakarta, Jumat (16/06) menyatakan penerbangan AirAsia ini akan makin mendekatkan masyarakat Indonesia dan Sarawak Malaysia dalam berbagai bidang baik sosial, budaya, ekonomi dan lainnya.

 

Selain rute ke Jakarta, Sigit juga berharap kedepan ada penambahan rute menuju Ibukota Nusantara (IKN) dan sebaliknya. Sehingga kedua negara dapat mengambil keuntungan dari pengembangan kawasan ibukota baru yang berada di pulau Kalimantan tersebut.

 

“Kami berharap kedepan dapat dibuka juga rute Kuching – Balikpapan untuk mengantisipasi perkembangan ibukota Nusantara,” ungkap Sigit.

 

Hal senda diungkapkan Menteri Pengangkutan Sarawak, YB Dato Sri Lee Kim Shin, mengharapkan penerbangan rute Kuching – Jakarta – Kuching, dapat diikuti dengan penerbangan rute Kuching – Pontianak – Kuching.

 

“Rute ini sangat diharapkan oleh masyarakat dan pengusaha Sarawak untuk menjalin hubungan yang lebih erat antara kedua masyarakat dan pengusaha, apalagi dengan akan perpindahan ibukota Nusantara di Kalimantan,” ujar Lee.

 

Menurut Sigit, pada acara soft launching penerbangan perdana rute Kuching – Jakarta – Kuching dihadiri setidaknya 50 undangan antara lain: Menteri Transportasi Sarawak, Wakil Menteri Pelancongan Sarawak, Direktur Pemasaran Regional Wilayah I, Kemenparekraf RI, Walikota Majlis Bandaraya Kuching Selatan; Setia Usaha Dewan Utusan Negeri (DUN) Sarawak, Direktur AirAsia Sarawak.

 

Selain itu, hadir juga delegasi Indonesia yang berpartisipasi dalam International Energy Week (13 – 15 Juni 2023) di Kuching: Sekda Kaltim, Walikota Bontang, Wakil Walikota Malang, serta wakil dari: Pengusaha Sarawak, Universitas, Rumah Sakit, Polisi Sarawak, Hotel, Pengusaha Kelapa Sawit, Sarawak Tourism Board serta Masyarakat Indonesia di Kuching.

 

Selain secara offline, kegiatan juga dapat disaksikan melalui online dengan peserta sebanyak 25 orang dari Kuching, Jakarta, Pontianak, Riyadh dan Washington, DC.

 

Menurut data dari KJRI Kuching, pada penerbangan perdana tersebut terdapat antusiasme masyarakat kedua wilayah atas rute dimaksud: penerbangan perdana dari Jakarta – Kuching dengan jumlah penumpang tercatat sebanyak 174 (dari 210 kapasitas kursi), sementara itu penumpang Kuching – Jakarta berjumlah 170 orang.

 

Pihak maskapai AirAsia menjadwalkan rute Jakarta-Kuching-Jakarta beroperasi 3 kali seminggu yaitu hari Selasa, Kamis dan Sabtu.(gus)

 

Read 273 times Last modified on Friday, 16 June 2023 13:27