Thursday, 29 June 2023 12:47

Shalat Idul Adha di KBRI Bangkok Diikuti Ribuan Masyarakat Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Sebanyak 1.384 warga negara Indonesia ikut serta melaksanakan shalat Idul Adha 1444 H yang diselenggarakan oleh KBRI Bangkok, Kamis (29/6). Meskipun dilaksanakan di hari kerja, namun tidak mengurangi antusiasme masyarakat Indonesia untuk datang ke lapangan sepak bola KBRI Bangkok guna melaksanakan shalat Idul Adha.

Dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, KBRI Bangkok menyampaikan shalat Idul Adha tahun ini tidak saja diikuti oleh masyarakat Indonesia yang tinggal di Bangkok tapi juga para wisatawan.

“Shalat Idul Adha kali ini tidak hanya dihadiri oleh warga negara Indonesia yang tinggal di Bangkok dan kota-kota disekitarnya saja, melainkan juga diikuti oleh masyarakat Indonesia yang sedang berlibur ke Thailand,” tulis KBRI Bangkok.

Bertindak selaku Imam shalat Idul Adha 1444 H kali ini adalah Ustadz Romli bin Abdulwahid dari Masjid Daarul Aman Bangkok. Sedangkan Khotib adalah Ustadz Habib Sayid Akhmad Auliya Faturahman Al Bahasyim dengan Bilal yaitu Ustadz Asep Saepuddin Muhajir, Guru Pelajaran Agama Islam pada Sekolah Indonesia Bangkok.

Perayaan Idul Adha kali ini mengambil tema “Ibadah Qurban, Cerminan Keikhlasan dan Ketaatan dalam Bingkai Solidaritas Kemanusiaan.” Dalam khutbahnya, khatib menggaris bawahi pentingnya memaknai ibadah qurban sebagai wujud keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Perlunya umat Islam memiliki totalitas iman dan takwa kepada Allah SWT di atas kecintaan terhadap apapun yang dimiliki, mengenai kemuliaan nyawa manusia dimana Nabi Ismail diganti dengan domba oleh Allah swt, dan hakikat pengorbanan dalam wujud harta, benda, fikiran dan waktu,” tulis KBRI Bangkok.

Selain itu disampaikan pula bahwa ibadah qurban mengajarkan umat Islam mengenai pentingnya solidaritas kemanusiaan dengan saling memberi selain kesolehan yang tinggi kepada Allah SWT.

Usai pelaksanaan shalat Idul Adha, masyarakat Indonesia berswafoto ria dan berbincang ringan di beberapa sudut lapangan sepak bola KBRI Bangkok. Masyarakat Indonesia juga berkesempatan menikmati makanan ringan nusantara seperti risoles dan arem-arem sebagai pelepas rindu terhadap makanan ringan Tanah Air.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha menjadi salah satu momen yang berharga bagi masyarakat Indonesia di Thailand. Masyarakat Indonesia, khususnya mahasiswa Indonesia di Thailand menantikan momen ini, karena dapat melepaskan rasa rindu suasana lebaran Idul Qurban ala Indonesia di negeri Gajah Putih tersebut sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat Indonesia lainnya.

Pada perayaan Idul Adha tahun 2023, Masjid Assafier KBRI Bangkok menfasilitasi warga negara Indonesia yang ingin melaksanakan ibadah Qurban yaitu berupa pemotongan satu ekor sapi dan 3 ekor kambing. Pemotongan hewan kurban tidak dilaksanakan di lingkungan KBRI Bangkok, melainkan di wilayah Minburi, Thailand. Adapun daging qurban tersebut diberikan kepada kaum dhuafa, fakir miskin, dan fisabilillah di daerah Minburi, Bangkok, Thailand.

Read 257 times