Thursday, 06 July 2023 14:14

Delegasi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ASEAN Lakukan Kunjungan ke Sleman

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

 

 
VOInews.id-Delegasi ASEAN Committee on Women (ACW) dan Konferensi Dialog Tingkat Tinggi ASEAN, Rabu, melakukan kunjungan ke Kalurahan  Sinduharjo, Sleman untuk mempelajari desa yang dinobatkan sebagai desa damai.
Mereka mencoba alat musik gejog lesung, permainan musik tradisional, di Desa Sinduharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dipandu oleh pendiri Yayasan Wahid Foundation, Zanuba Arrifah Chafsoh atau yang akrab disapa Yenny Wahid, delegasi ASEAN tampak senang mencoba alat musik tradisional Jawa tersebut. Tak hanya belajar budaya lokal, para delegasi juga mempelajari pemberdayaan ekonomi kaum wanita di desa Sinduharjo yang didaulat sebagai Desa Damai. Yenny Wahid kepada media menuturkan konsep desa damai yang dipelajari delegasi anggota ASEAN, berawal dari gagasan yang dikonsep Wahid Foundation untuk memberdayakan perempuan tanpa meninggalkan nilai-nilai budaya yang ada.
 
Ini juga tentunya kita harus menularkan gagasan dengan memakai Bahasa yang mereka pahami, bisa bahasa lokal tentu, tetapi juga memakai jargon agama, pakai jargon adat, jadi memakai bahasa yang mereka pahami juga. Kita ga nabrak. Tapi kita berkomunikasi dengan menggunakan nilai-nilai yang memang selama ini mereka sudah yakini, tapi coba kita ubah pelan atau kita sempurnakan dengan menunjukkan bahwa ketika memfasilitasi perempuan itu tidak bertentangan dengan agama, tidak bertentangan dengan adat, tidak bertentangan dengan kebutuhan keluarga, bahwa ibunya tetap ada untuk anak-anaknya.
 
Sementara itu, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, pada kesempatan yang sama menyebutkan pemberdayaan perempuan dan anak Sleman terus mendapatkan pengakuan nasional. Hal itu membuktikan, banyak program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak berjalan dengan baik.
 
Perwakilan delegasi negara-negara anggota ASEAN yang membahas persoalan pemberdayaan perempuan dihimpun oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk mengikuti Forum ASEAN Women, Peace and Security Summit yang berlangsung di Yogyakarta mulai 3-7 Juli 2023. Kegiatan ini digelar dalam rangka peran Indonesia di Keketuaan ASEAN 2023// (RRI Yogyakarta/Rosi/AHM)
Read 183 times Last modified on Thursday, 06 July 2023 14:19