Tuesday, 11 July 2023 18:24

Menlu Arab Saudi Akan Hadir di Jakarta untuk Penandatanganan TAC

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN ke-56 di Jakarta dilaksanakan sebagai bagian dari upaya mempersiapkan penyelenggaraan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta, September mendatang. Sejumlah hal yang dibahas oleh para Menteri Luar Negeri menjelang KTT ASEAN diataranya dukungan terhadap proposal ASEAN Concord IV yang akan menjadi visi ASEAN paska 2025 atau Post 2025 Vision.

“Secara garis besar inti dari pertemuan adalah membahas deliverables untuk ASEAN Summit yang ke-43 jadi pertemuan AMM ini juga digunakan untuk persiapan KTT ke-43 yang akan diselenggarakan di bulan September nanti,” kata Menlu Retno di sela penyelenggaraan AMM ke-56 di Jakarta, Selasa (11/7).

Pertemuan juga membahas peningkatan permintaan negara-negara untuk mengaksesi Traktat Persahabatan dan Kerja Sama (TAC) dan menyetujui permintaan aksesi TAC dari Serbia. Menurut Retno, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan dijadwalkan akan hadir di Jakarta dan menandatangani aksesi TAC. Sementara itu penandatanganan TAC oleh Panama, Spanyol dan Meksiko akan diupayakan dilaksanakan pada KTT ASEAN ke-43.

“Yang kita harapkan bahwa aksesi tersebut tidak hanya di atas kertas tetapi juga betul-betul diterapkan,” kata Menlu Retno.

Terkait hubungan eksternal ASEAN, pertemuan para Menlu ASEAN mendukung dan menyepakati kerja sama antar sekretariat. Menurut Retno, kerja sama yang dimaksud yaitu antara Sekretariat ASEAN dengan Sekretariat Forum Kepulauan Pasifik (PIF) dan antara Sekretariat ASEAN dengan Sekretariat Asosiasi Pesisir Samudera Hindia (IORA).

“Ini merupakan upaya kita untuk meng-expand spirit dialog kolaborasi inclusiveness dalam konteks menjadikan kawasan Indo Pasifik sebagai kawasan damai stabil dan sejahtera,” katanya.

Pertemuan AMM ke-56 juga menyepakati aplikasi Afrika Selatan untuk menjadi dialog partner ASEAN. Menurut Retno, pertemuan juga secara prinsip menerima aplikasi Maroko dan akan disepakati pada KTT ASEAN September mendatang.

Sementara itu terkait Joint Communique yang menjadi hasil dari pertemuan AMM ke-56, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa saat ini negosiasi masih terus berlangsung.

Read 205 times