Thursday, 25 January 2018 10:12

Indonesia promosikan Wisata Asian Games 2018 di ASEAN Tourism Forum 2018.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Dalam edisi WarnaWarni kali ini saya sajikan informasi mengenai Indonesia promosikan Wisata Asian Games 2018 di ASEAN Tourism Forum 2018. Pastikan Anda tetap bersama kami diwww.voinews.id.

menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk ke ASEAN total sekitar 100 juta dengan rincian Thailand 30 juta, Malaysia 25 juta, Singapura 15 juta, Indonesia 10 juta, sisanya tersebar (di negara Asia Tenggara lain). Selama ini Indonesia baru mendapat 10 hingga 12 persen dari total kunjungan wisman ke Asia Tenggara. Padahal peluangnya sangat besar. Indonesia pun menargetkan bisa menaikkan target kunjungan wisman ke Indonesia dari seluruh wisman ke Asia Tenggara sebesar 20 persen. Untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang berlibur ke negara-negara Asia Tenggara, Indonesia melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan mengikuti ajang Asean Tourism Forum (ATF) 2018. 

 

ATF merupakan usaha regional untuk mempromosikan kawasan ASEAN sebagai satu destinasi wisata. Ajang tahunan ini melibatkan semua sektor industri pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam ditambah tiga negara di Asia yakni China, India, dan Korea. Tahun ini, ATF digelar pada 22 hingga 26 Januari 2018 di Chiang Mai International Exhibition and Convention Centre (CMECC), Thailand. Pada ajang tahun ini, Indonesia menampilkan paviliun seluas 182 meter persegi, dengan kapasitas 21 stan pameran, yang menonjolkan Pelayanan Informasi Pariwisata dan Asian Games 2018.

tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah ASIAN GAMES 2018 di Jakarta dan Palembang. Dan ini menjadi momentum besar untuk mendulang devisi. Karenanya, pada gelaran ATF 2018 ini, selain promosi dan menjual paket wisata secara umum, Indonesia juga ikut mempromosikan Asian Games 2018, terutama destinasi wisata yang ada di Jakarta dan Palembang. Untuk itu, Kementerian Pariwisata membawa 42 industri pariwisata Indonesia (travel agent/travel operator, hotel, dan atraksi) yang berasal dari dari destinasi unggulan di Indonesia ke ATF. Termasuk Palembang, Sumatera Selatan sebagai penyelenggara Asian Games 2018.

 

Demikian edisi Warna Warni kali ini dengan tema Indonesia promosikan Wisata Asian Games 2018 di ASEAN Tourism Forum 2018. Kita jumpa lagi dalam edisiWarna Warni berikutnya dengan tema-tema menarik lainnya.

Read 1091 times