Sunday, 16 September 2018 00:00

Tanjung Palette, Bone Sulawesi Selatan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Hari ini kami akan memperkenalkan kepada anda Tanjung Palette dari Bone, Provinsi Sulawesi Selatan

Berkunjung ke Sulawesi Selatan kurang lengkap rasanya apabila anda tidak mengunjungi kota Bone. Kota Bone merupakan salah satu kerajaan terbesar di Sulawesi Selatan. Di sini anda juga bisa berwisata bahari ke Pantai Tanjung Palette. Tanjung Palette adalah salah satu kawasan wisata di kabupaten Bone yang berhadapan langsung dengan laut Teluk Bone, sekitar 12 Km sebelah timur kota Watampone. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang indah dan didukung fasilitas yang memadai seperti kolam renang , kafe, dan gazebo. Di sini juga sudah tersedia hotel yang bisa memanjakan anda dan keluarga.


dari kota Makasar ke pantai Tanjung Palette yang terletak di kecamatan Tanete Riattang desa Pallete , memerlukan waktu kurang lebih 3 jam. Untuk sampai ke Pantai Tanjung Palette ini anda akan melewati jalanan yang berliku, tikungan dan juga tanjakan yang tajam, karena dulunya akses menuju kota Bone adalah dataran pegunungan yang dibelah. Walaupun demikian perjalanan menuju Tanjung Palette ini sangat menyenangkan. Di sepanjang perjalanan, akan disuguhi dengan pemandangan yang indah berupa hamparan sawah yang menghijau dan kawasan tambak ikan bolu milik masyarakat setempat

ciri khas pantai Tanjung Palette adalah pantai dengan karang terjal dan pemandangan bukit karang yang cantik disertai denga deburan ombak yang keras. Walaupun kawasan Tanjung Palette ini berupa pantai karang yang terjal, namun hal itu justru   semakin menambah keindahan kawasan Tanjung Palette. Dari Pantai karang ini anda bisa menikmati pemandangan indah dari puncak-puncak karang ada ada. Anda juga bisa merasakan hembusan angin dan deburan ombak yang silih berganti.

Kawasan Tanjung Palette bukan berupa hamparan pasir putih seperti kawasan pantai lainnya. Bagi anda yang mau berenang, di kawasan ini juga tersedia kolam renang .dibalik keindahan kawasan Tanjung Palette, ada cerita rakyat turun temurun yang menarik, di mana pada waktu kerajaan Bone berkuasa, pantai ini digunakan sebagai tempat “Mallabu Tau “ atau menenggelamkan orang karena pelanggaran yang berat. Biasanya orang yang “dilabu” atau ditenggelamkan adalah pasangan yang sudah berkeluarga tetapi selingkuh. Mereka yang berselingkuh akan diikat dan dibuang bersama di sini. Sampai sekarang, pada umumnya masyarakat Bone dan masyarakat Bugis menganggap selingkuh menjadi hal yang sangat dihindari.

setelah memanjakan diri di tanjung Palette, dalam perjalanan pulang anda bisa menikmati seafood seperti kepiting bakau yang menjadi ikon kabupaten Bone. Selain itu anda juga bisa membeli   pisang Bone dan aneka olahan hasil rakyat Bone sebagai oleh-oleh juga sebagai teman dalam perjalanan pulang anda . Pastikan untuk tidak terlewatkan membeli pisang khas Bone ini karena selain harganya murah, rasanya juga enak sekali.

demikian Pesona Indonesia edisi kali ini tentang tanjung Palette di kabupaten Bone provinsi Sulawesi Selatan. Bila anda belum menemukan tempat yang cocok untuk anda berlibur, mungkin tanjung Palette ini bisa menjadi destinasi liburan anda yang akan datang.

Read 2525 times