Monday, 17 September 2018 00:00

Pulau Pombo, Maluku

Written by 
Rate this item
(2 votes)

Hari ini kami akan memperkenalkan Pulau Pombo di Maluku. Maluku adalah sebuah provinsi di Indonesia yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Karena provinsi ini terdiri dari banyak pulau, maka ia menyimpan banyak sekali potensi wisata bahari berupa pantai. Salah satunya adalah Pulau Pombo yang merupakan pulau tak berpenghuni yang menyajikan pemandangan alam dan pemandangan bawah laut yang indah.Pulau Pombo terletak di Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah dan berada di tengah-tengah Pulau Ambon dan Pulau Haruku. Pulau Pombo adalah pulau kecil yang sangat indah. Luas pulau ini hanya sekitar 4 kilometer persegi. Selama perjalanan menuju ke pulau ini, anda akan melihat seolah-olah pulau ini mengapung sendirian di tengah laut. Ditambah dengan pasir putih dan air laut yang jernih akan membuat siapa pun yang datang ke pulau ini terpukau akan keindahannya.

Pulau Pombo disebut sebagai salah satu spot snorkling dan diving baru di Maluku yang mulai menarik minat banyak penyelam, baik dari dalam atau pun luar negeri. Ketika menyelam ke dasar perairan Pulau Pombo, anda akan menyaksikan kekayaan biota lautnya, mulai dari berbagai jenis ikan, kerang, rumput laut, hingga terumbu karang dengan beragam bentuk yang unik.

pemandangan bawah laut Pulau Pombo memang sangat memukau, namun keindahan daratan Pulau Pombo juga tidak kalah memesona. Pulau ini dapat anda kelilingi selama kurang lebih 1 jam. Selama mengelilingi pulau ini, anda dapat menemukan hewan endemik pulau ini, yaitu Burung Pombo dan beberapa burung lainnya. Keindahan pulau ini juga cukup menakjubkan ketika air sedang surut. Daratan baru yang awalnya merupakan perairan dangkal perlahan mulai terlihat dan berubah menjadi pasir-pasir yang membentuk daratan.

pulau ini hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari ibu kota Maluku, yaitu Kota Ambon. Untuk mencapai pulau ini anda dapat menggunakan kendaraan umum dari Kota Ambon selama kurang lebih 1 jam ke Pelabuhan Tulehu. Kemudian dari pelabuhan anda dapat menggunakan speed boat selama 10 menit untuk sampai di Pulau Pombo.Pulau ini memang tidak memiliki penginapan, tetapi biasanya pulau ini digunakan sebagai tempat berkemah karena suasananya yang sangat cocok untuk mendirikan tenda. Di tengah pulau juga banyak pohon-pohon rindang yang dapat digunakan untuk berteduh.

Read 2473 times Last modified on Monday, 17 September 2018 14:47