Wednesday, 19 September 2018 00:00

Danau Lut Tawar

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Edisi kali ini, akan memperkenalkan salah satu destinasi wisata dari Aceh.

Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, memiliki banyak sekali pesona wisata. Daerah ini berada di dataran tinggi Gayo. Wilayah Gayo mencakup tiga kabupaten yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues. Daerah ini juga dikenal dengan daerah penghasil kopi terbaik.

Selain pengunungan dan kopi, satu dari sejumlah daya tarik wisatawan ialah Danau Lut Tawar.

Danau Laut Tawar, masyarakat Aceh sering menyebutnya dengan nama Danau Lut Tawar. Tempat wisata ini berada di kawasan Dataran Tinggi Gayo. Kawasan ini masuk dalam bagian panjang Pegunungan Bukit Barisan, tepatnya di Kabupaten Takengon. Pegunungan besar ini membentang dari utara ke selatan Pulau Sumatera, dari Aceh sampai ke Lampung. Panjang Bukit Barisan sekitar 1.650 km. Berada di hijaunya pepohonan Bukit Barisan, danau ini seperti oase yang memberikan kesegaran. 

 luas danau Lut Tawar mencapai 5.472 hektare, dengan lebar 3,219 km dan panjang 17 km. Di dalam kawasan Danau Lut Tawar, terdapat beragam flora dan fauna, seperti moluska dan puluhan jenis ikan. Sementara itu, di lingkungan sekitar danau, dapat ditemukan kucing hutan, kijang, trenggiling, landak, hingga harimau.

Di tempat wisata ini, suasananya sangat menenangkan. Jadi, tak heran jika Danau Lut Tawar kerap dijadikan destinasi wisata keluarga.

Setiap akhir pekan, tempat ini ramai dikunjungi oleh rombongan keluarga yang berlibur bersama.

Terutama di area pinggiran danau yang memang segar dan menyejukkan. Dari sini, terlihat pemandangan asri dari jejeran bukit yang keindahannya luar biasa.

waktu yang paling tepat untuk menikmati keindahan Danau Lut Tawar ialah di pagi hari. Sebelum matahari terbit, air danau tampak seperti embun. Di atasnya kabut putih menggantung tidak terlalu tinggi. Pemandangan ini, bisa dinikmati sekitar 30 menit.

Selain menikmati pemandangan asri nan indah, keistimewaan lain yang bisa dinikmati di Danau Lut Tawar adalah keberadaan keramba-keramba ikan. Di sekitar keramba ikan, terdapat tempat makan yang menjual berbagai olahan ikan segar yang langsung diambil dari keramba.

Read 908 times