Tuesday, 30 January 2018 12:41

Hutan Wisata Sehat Citamiang

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Hari ini kami ajak anda berwisata ke provinsi Jawa Barat. Jadi tetaplah bersama kami di RRI World Service Voice of Indonesia. Herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan. Pada jaman sekarang, dengan berkembangnya teknologi kedokteran yang semakin pesat dan banyaknya riset penelitian banyak tumbuhan di sekitar yang menyediakan obat yang manjur untuk segala penyakit. Bahkan lebih alami, tanpa efek samping seperti obat kimiawi. Hal inilah yang membuat  banyak orang tertarik mengetahui lebih lagi tentang tanaman herbal. Jika anda salah satu dari mereka, anda wajib mengunjungi Hutan Wisata Sehat Citamiang. Selain mendapat edukasi tentang tanaman herbal, ada bisa beriwisata ke Hutan Wisata ini.

Hutan Wisata Sehat Citamiang adalah kawasan wisata yang berbasiskan edukasi alam yang berada di daerah pegunungan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor. Area ini berada di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, kabupaten Bogor. Tepatnya, di Jalan Raya Puncak Cianjur-Bogor, Jawa Barat. Dari pusat Kota Jakarta, Hutan Wisata SeHat Citamiang dapat ditempuh selama 2 hingga 3 jam berkendara. Hutan Wisata ini dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan ( LMDH ) Puncak Lestari bersama Yayasan Tunas Mandiri (Nastari) Bogor. Di kawasan wisata seluas kira-kira 3 hektar ini, anda bisa mendapatkan pengetahuan secara luas dan komprehensif seputar tanaman herbal.

berkunjung ke Hutan Wisata Sehat Citamiang, pengetahuan tentang tanaman herbal bisa diperoleh papan informasi seputar tanaman herbal yang dipajang di lokasi serta adanya guide herbal yang berasal dari volunteer. Di Hutan sehat wisata Citamiang ini memang terdapat Nurser atau persemaian bibit-bibit herbal. Untuk jumlah jenis herbal ada 100 jenis yang terdiri dari 33 jenis tanaman herbal asli dari Citamiang dan 67 jenis lainnya adalah jenis herbal dari daerah di luar Citamiang

selain aktifitas edukasi wisata yang sudah disiapkan, di kawasan wisata ini juga ada jembatan kayu, trek herbal sepanjang 825 meter, nurseri herbal, satelit pemanen air hujan, kebun kopi, spot selfi dan sepeda keluarga di daerah Pasir Angin. Untuk Track herbalnya sendiri sudah di desain khusus untuk menjadi salah satu spot edukasi tanaman herbal yang tumbuh di habitat aslinya. Dilengkapi dengan label nama ilmiah tanamannya serta barcode untuk mengetahui manfaat serta keguanaannya. Disini pula terdapat camping ground yang dapat menjadi pilihan untuk bermalam.

demikianlah edisi Pesona Indonesia kali ini, dengan topik Hutan Wisata Sehat Citamiang. Besok, kita akan berjumpa kembali dengan topik- topik menarik lainnya.

Read 1506 times Last modified on Tuesday, 30 January 2018 20:39