Monday, 29 January 2018 09:49

Pantai Prigi, Jawa Timur

Written by 
Rate this item
(0 votes)

jumpa lagi dalam Pesona Indonesia, Seperti biasa Anda dapat mendengarkan program kami via streaming di di voinews.id., gelombang pendek 9525 KHz dan aplikasi RRI Play di ponsel cerdas Anda. Hari ini akan memperkenalkan Pantai Prigi di Jawa Timur.

Trenggalek adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur yang terletak di pesisir pantai selatan. Jaraknya sekitar 186 Km dari Ibukota Jawa Timur, Surabaya. Kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata yang indah berupa pantai, gua, dan air terjun. Salah satu objek wisata yang terkenal di Trenggalek adalah Kawasan Wisata Pantai Prigi. Di kawasan Pantai ini terdapat 12 destinasi wisata yang memiliki karakter wisata pantai yang berbeda-beda.

Pantai Prigi menjadi destinasi utama kawasan wisata ini. Selain menjadi obyek wisata yang sering dikunjungi, pantai ini juga merupakan pelabuhan nasional tempat penangkapan ikan terbesar di pantai selatan pulau Jawa. Di pantai ini, anda bisa menikmati waktu dengan memancing, berkemah, menikmati suasana pantai yang indah atau berenang di sepanjang garis pantai.

Berenang di Prigi cukuplah aman karena pantai ini merupakan teluk dan dilindungi oleh barisan karang. Barisan karang ini berfungsi sebagai pembatas antara laut dalam dan laut dangkal. Selain itu juga berfungsi sebagai pemecah ombak sehingga ombak yang sampai di pantai  tidak terlalu berbahaya.

bagi anda yang ingin keliling kawasan wisata pantai Prigi atau memancing, anda dapat menyewa perahu milik penduduk setempat. Objek wisata ini akan semakin ramai dikunjungi wisatawan pada bulan Selo, kalender Jawa,

karena para nelayan di pantai ini akan menggelar upacara tradisional Larung Sembonyo, yang merupakan upacara tahunan sebagai bentuk syukur kepada Tuhan akan hasil laut yang melimpah.

Pantai Prigi terletak di desa Tasikmadu, kecamatan Watulimo, sekitar 48 kilometer arah selatan Kota Trenggalek. Pantai ini dapat diakses dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, anda diharuskan membayar tiket masuk Rp.6.000 per orang, sedangkan untuk tarif sewa perahu seharga Rp. 10.000 per orang. Kawasan Pantai Prigi juga dilengkapi berbagai fasilitas wisata seperti bumi perkemahan yang teduh, rumah makan, taman bermain, kamar mandi, penginapan, serta tempat parkir sangat luas.

demikian Pesona Indonesia edisi kali ini tentang Pantai Prigi dari Jawa Timur.// Ihsan  

Read 1229 times