Wednesday, 28 November 2018 00:00

Taman Loang Baloq

Written by 
Rate this item
(2 votes)

Edisi kali ini, akan memperkenalkan salah satu tempat wisata di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Mendengar kata Lombok, biasanya yang langsung terlintas ialah keindahan alamnya serta beberapa tempat wisata yang popular seperti Desa Adat Sasak atau pun Kepulauan Gili. Akan tetapi, Lombok tidak hanya memiliki keindahan laut, pantai, atau pun Desa Adat Sasak saja. Masih ada banyak hal menarik lainnya yang bisa ditemui di pulau cantik ini. Salah satunya Taman Loang Baloq, wisata religi yang terletak di pusat kota Mataram.

bagi sebagian wisatawan, nama Loang Baloq cukup asing. Namun tidak bagi orang Lombok karena di sini terdapat sebuah makam yang sudah terkenal sejak dulu. Masyarakat percaya jika makam tersebut merupakan makam para penyebar agama Islam di Lombok pada jaman dulu.

Loang Baloq sendiri memiliki arti makam yang terletak di tengah batang pohon beringin. Mitos yang beredar adalah siapapun yang ingin menyampaikan niat atau hajat harus mengikat sebuah tali di pohon beringin tersebut, kemudian berdo’a. Setelah hajat terkabulkan, mereka datang kembali untuk syukuran dan membuka tali yang sudah diikat tersebut. Tradisi ini oleh masyarakat Lombok disebut “Saur Sesangi” atau membayar janji.

tak hanya makam, dan kisah mitosnya, di sini juga terdapat sebuah danau besar. Pemandangan ini terlihat semakin cantik dengan paduan pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Selain itu, di tempat ini juga ada sebuah taman yang menyediakan beragam fasilitas bermain untuk anak.

Setelah lelah mengitari danau atau pun sekedar ingin bersantai, wisatawan dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan yaitu saung. Sambil menyantap perbekalan, di saung ini wisatawan juga bisa menikmati keindahan pemandangan yang sejuk pada sore hari. Fasilitas lainnya yang tersedia di sini antara lain tempat beribadah serta bebatuan refleksi.

melihat dari pemandangan yang ada serta fasilitas yang tersedia, taman ini terbilang cukup sederhana. Namun demikian, tempat ini cukup cocok bagi wisatawan yang ingin berkunjung bersama keluarga. 

Berkunjung ke Taman Loang Baloq, wisatawan akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang. Tidak perlu khawatir bagi wisatawan yang membawa kendaraan sebab di tempat ini area parkir sangat rapi dan teratur serta ada penjaga yang siap menjaga kendaraan Anda.

Taman Loang Baloq ini ini biasanya ramai dikunjungi saat lebaran Idul Fitri tiba hingga perayaan Lebaran Ketupat, yaitu satu minggu setelah Lebaran Idul Fitri. Selain perayaan Idul Fitri, makam Loang Baloq juga ramai dikunjungi saat perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. 

Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke Taman Loang Baloq, tempat ini berada di Tanjung Karang, Lombok, NTB. Tepatnya di Jalur Lingkar Selatan, bagian barat dan tak jauh dari pusat kota Mataram. Untuk menuju lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat atau pun kendaraan umum. Lokasinya cukup strategis dengan akses yang cukup mudah. Dari pusat kota Mataram hanya butuh waktu 15 menit untuk sampai ke Taman Loang Baloq.

Read 3329 times Last modified on Thursday, 29 November 2018 17:48