Thursday, 01 February 2018 13:15

Palai Rinuak

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Hari ini kami ajak anda berwisata kuliner ke Sumatera Barat.Maninjau adalah salah satu danau di Sumatera Barat yang terbentuk dari letusan Gunung Sitinjau. Kedalamannya yang mencapai 495 meter dengan ketinggian 461,5 meter dengan luas hampir 99,5 km persegi  mengukuhkan namanya sebagai danau terbesar ke-2 di Sumatera Barat. Sedang Lokasinya berada di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, sekitar 40 kilometer sebelah utara kota Padang, ibukota Sumatera Barat. Danau ini memiliki pemandangan yang indah, tak heran jika Danau Maninjau menjadi salah satu objek wisata favorit wisatawan ketika berkunjung ke Sumatera Barat. Berkunjung ke Danau Maninjau, berbagai macam aktivitas liburan dapat anda nikmati, seperti memancing, melihat area perternakan ikan air tawar dan menikmati indahnya Danau Maninjau dengan menggunakan perahu. Selain itu anda juga dapat berkeliling danau dengan sepeda, menikmati keindahan danau dari puncak tertinggi yang dinamakan puncak lawang. Di sana anda juga  bisa menikmati beragam kuliner khas masyarakat sekitar.

berwisata ke Danau Maninjau, jangan lupa mencicipi kuliner khasnya. Salah satunya Palai Rinuak. Dalam bahasa setempat, Palai berarti pepes.  Pepes adalah cara mengolah makanan (biasanya untuk ikan) beserta bumbunya yang dibungkus dengan daun pisang.  Sedang Rinuak sendiri adalah ikan endemik khas Danau Maninjau.  Ikannya berwarna kekuningan berukuran sebesar batang korek api dengan panjang sekitar 2 centimeter. Rinuak dapat diolah menjadi berbagai macam jenis masakan seperti di Rinuak Goreng, rinuak Gulai, keripik,  namun yang paling terkenal diolah menjadi Palai Rinuak atau pepes rinuak.

untuk membuat Palai Rinuak, ikan Rinuak dicampur dengan parutan kelapa berbumbu, seperti kunyit, cabai dan bawang merah, kemudian dibungkus daun pisang, lalu dibakar. Setelah matang, aroma palai rinuak langsung tercium dari balik daun pisang. Rasanya begitu lezat dan gurih. Palai Rinuak begitu nikmat disantap bersama nasi putih yang panas. Kuliner ini bisa dengan mudah anda temui di warung-warung makan sepanjang Danau Maninjau. Harganya relatif murah, sekitar Rp.3.000 hingga Rp.5.000 per bungkus.

Selain lezat, Palai Rinuak ternyata kaya manfaat. Ikan Rinuak  merupakan salah satu jenis dari keluarga ikan anchovy. Ikan anchovy adalah salah satu makanan yang baik bagi para penderita diabetes, karena ikan ini merupakan sumber protein dengan tingkat lemak jenuh yang rendah dan tidak mengandung karbohidrat. Karena rendah lemak jenuh dan tidak mengandung karbohidrat, maka ikan anchovy tidak akan memengaruhi kadar gula darah penderita diabetes. Kandungan kalsiumnya yang tinggi membuat ikan jenis ini sangat baik untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. Dora

Read 1054 times Last modified on Friday, 02 February 2018 06:43