Sunday, 17 February 2019 00:00

Pasar Slumpring Tegal

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Kota Tegal adalah salah satu wilayah otonom di provinsi Jawa Tengah. Kota Tegal ini berada di jalur pantai utara Jawa Tengah, kurang lebih 165 Kilometer sebelah barat kota Semarang atau 329  Kilometer sebelah timur Jakarta. Selain terkenal dengan kulinernya, Tegal juga mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik, salah satunya adalah Pasar Slumpring. Pasar ini terletak di desa Cempaka, kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

apabila anda berada di Tegal pada hari Minggu , pagi-pagi anda bisa berjalan-jalan ke tempat yang unik yaitu Pasar Slumpring . Mengapa hari Minggu? Karena pasar ini hanya ada pada hari Minggu, mulai jam 07.00 pagi sampai jam 12.00 siang. Dinamakan pasar Slumpring,  karena  sesuai dengan tempatnya. Slumpring dalam bahasa Jawa artinya kebun bambu atau daun yang menempel di bambu. Pasar ini mempunyai suasana yang asri, sejuk khas pedesaan dan teduh  karena banyak pohon bamboo yang lebat menutupi area tersebut. Karena tempat ini banyak  pohon bambunya, maka  uang yang digunakan untuk berbelanja di sinipun  menggunakan  mata uang dari bambu  yang dibentuk menjadi kotak dan dicetak khusus. Mata uang ini disebut  irat. Inilah keunikan pasar Slumpring. Untuk mendapatkan  uang irat, anda bisa menukarkannya di tempat penukaran yang ada di pasar ini. Satu irat senilai 2500 Rupiah.

di pasar Slumpring ini anda bisa  menemukan aneka kuliner tradisional seperti ubi rebus,  jagung bakar, serabi ,nasi jagung, minuman bandrek, the poci , wedang tape dan juga makanan lainnya. Bagi anda yang suka narsis, tidak perlu khawatir, karena di tempat ini banyak sekali spot foto yang bagus-bagus, dan instagramable, misalnya  di gerbang masuk pasar atau di bagian  dalam yang juga penuh dengan ornamen-ornamen tradisional.

para pedagang yang berjualan di pasar Slumpring ini  seluruhnya merupakan warga desa setempat.  Pengunjung  sambil menyantap makanan tradisional di bawah rindangnya pohon bambu, bisa sambil mendengarkan musik hidup yang dimainkan oleh pemuda setempat, sekaligus menikmati suasana pedesaan yang sejuk dan alami.

Untuk menuju pasar Slumpring ini aksesnya cukup mudah. Anda bisa menggunakan   mobil atau motor .  Karena sedang naik daun, tempat wisata ini menjadi primadona wisatawan. Apabila anda  ingin merasakan sensasi lain dari pasar sambil wisata kuliner, anda bisa mengunjungi pasar Slumpring ini  pada waktu anda berkunjung ke TegalJawa Tengah.

Read 2230 times Last modified on Monday, 18 February 2019 09:49