Tuesday, 19 February 2019 00:00

Wedang Cor

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Dalam istilah bahasa Jawa, wedang berarti minuman panas. Minuman ini seringkali disajikan dan dinikmati seperti teh. Wedang dibuat dari irisan jahe segar, gula jawa atau gula batu yang dicampur ke dalam air panas. Biasanya dinikmati saat udara dingin. Masyarakat Indonesia mengenal berbagai jenis wedang. Setiap daerah punya kekhasan masing-masing. Misalnya saja kota Jember, Jawa Tengah. Masyarakat disana mengenal Wedang Cor sebagai minuman penghangat diri saat hujan atau udara dingin.

Minuman hangat ini merupakan salah satu kuliner khas Jember, Jawa Timur. Wedang memiliki arti minuman hangat. Sementara cor adalah campuran semen dan pasir. Diberi nama wedang cor karena campuran minuman ini membuatnya berwarna agak abu-abu dengan butiran ketan yang melayang ketika diaduk. Tampilan ini dianggap menyerupai cor-coran atau campuran semen dan pasir. Selain air hangat, bahan wedang cor memang menggunakan susu, jahe, dan tape ketan.

Ketika dinikmati, minuman ini begitu lezat. Rasa manis khas tape ketan dan susu berpadu dengan hangatnya jahe. Ada dua cara untuk menikmati minuman ini. Pertama adalah mengaduknya sehingga tape ketan yang melayang bisa ikut diseruput bersama susu jahe. Kedua, adalah dengan menyendok tape ketan yang tenggelam di dasar gelas tanpa diaduk terlebih dahulu. Bagaimana pun cara menikmati wedang cor, minuman ini tetap terasa begitu nikmat. Tidak sulit, untuk menemukan minuman hangat ini di Jember. Salah satunya, anda bisa menemukan wedang cor di alun-alun kota Jember. Harganya sekitar Rp. 7.500 hingga Rp.10.000 per porsi.




Read 1357 times Last modified on Tuesday, 19 February 2019 15:23