Monday, 04 March 2019 00:00

Masjid Agung Batam, Riau

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Masjid Agung Batam, Riau Foto : http://bkdi.bpbatam.go.id

Masjid Agung Batam atau disebut juga Masjid Raya Batam terletak di kawasan Batam Center yang merupakan pusat pemerintahan kota Batam. Kubah masjid ini memiliki bentuk yang cukup unik, yaitu berbentuk limas persegi empat menyerupai piramida. Karena keunikan dan keindahan bangunannya, masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menjadi daya tarik wisata di kota Batam.

Masjid Agung Batam terletak di pusat kota, maka tidak terlalu sulit untuk mengunjunginya, Dari Bandara Hang Nadim, anda dapat langsung menggunakan taksi. Namun bagi anda yang ingin menggunakan transportasi umum seperti bus, anda dapat menggunakan bus Damri jurusan Batu Aji atau Jodoh dan turun di Kepri Mall. Dari halte bus Kepri Mall, naik bus Trans Batam jurusan Batam Center, kemudian turun di halte Masjid Raya. Dari halte ini anda hanya perlu jalan kaki sedikit menuju Masjid Agung Batam.

Masjid Agung Batam mulai dibangun pada tahun 1999 dan rampung tahun 2001. Selain bangunan yang bercorak Melayu, arsitektur masjid ini termasuk unik karena pada bagian dalam masjid ini tidak memiliki tiang penyanggah sehingga ruangannya tampak luas. Masjid ini juga dilengkapi dengan menara setinggi 66 meter. Kubahnya yang berbentuk limas dan terbagi menjadi 3 bagian, mempunyai perspektif vertikalisme yang menuju satu titik di atas sebagai simbol hubungan manusia dan Tuhan.

Read 2291 times Last modified on Monday, 04 March 2019 14:28