Tuesday, 05 March 2019 00:00

Kuliner Cungkring

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Letaknya yang tak jauh dari kota Jakarta, membuat Bogor, kota hujan ini menjadi destinasi wisata favorit wisatawan yang berlibur ke Jakarta. Sebagai destinasi wisata, Bogor punya semuanya. Dari destinasi wisata alam hingga kuliner. Berwisata kuliner ke Bogor, Jalan Suryakencana menjadi destininasi wisata kuliner yang tepat. Berlokasi percis di depan pintuk masuk Kebun Raya Bogor, tepatnya berada di pertemuan jalan Juanda dan Otto Iskandardinata, ada beragam panganan khas Bogor yang biasa anda coba. Salah Satunya kuliner bernama Cungkring.

Nama Cungkring berasal dari kata Cungur yang berarti bibir dan Garingan yang berarti kaki. Kuliner ini terdiri dari bibir, otot kaki sapi, dan lontong yang dipadukan lumuran bumbu kacang. Cita rasanya nikmat, manis, asin, dan pedas yang menjadi satu. Bumbu kacangnya terbuat dari butiran kacang yang digiling kasar, cabai merah dan hijau. 

Saat disajikan, bagian bibir, dan urat berbentuk persegi di potong-potong kecil diatas kertas nasi dan daun pisang. Kemudian diberi potongan lontong, dan potongan keripik tempe, sebelum diguyur bumbu kacang dan cabai. Penampilan seporsi Cungkring sangat menggugah selera. Seporsi Cungkring dibandrol seharga Rp.18.000 hingga Rp.20.000 per porsi.

Read 916 times Last modified on Tuesday, 05 March 2019 13:16