Wednesday, 06 March 2019 00:00

Soto Bongko

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Sumedang, salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat ini dikenal dengan kuliner khasnya, yakni Tahu Sumedang. Tahu Sumedang berukuran kecil tanpa isian, namun terasa gurih dan nikmat. Selain tahu sumedang, kabupaten yang terletak sejauh 45 kilometer timur laut dari kota Bandung, ibukota Jawa Barat ini punya beragam kuliner khas yang wajib anda coba, jika berwisata ke kota ini. Salah Satunya adalah Soto Bongko.

Soto, Sroto, sauto atau coto adalah kuliner indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Berbeda dengan jenis soto lainnya, soto bongko memiliki campuran lontong di dalamnya. Bongko berarti gumpalan besar. Lontong untuk soto ini memang dibuat dalam ukuran besar. Soto bongko disajikan dengan campuran lontong, toge rebus, potongan tahu sumedang, dan bawang goreng. Semua isian soto ini disiram dengan kuah kari kental yang masih panas. Untuk menambah rasa, dapat ditambahkan kecap manis dalam sajiannya. Sebagai pelengkapnya, soto bongko disajikan dengan tambahan emping dan sambal untuk sensasi rasa pedasnya.

Ketika disantap rasanya gurih dan nikmat. Untuk menikmati kelezatan soto Bongko, datanglah ke Sumedang. Anda dapat dengan mudah menemukan jenis soto ini di berbagai tempat di Sumedang, seperti di Pasar Sumedang, Alun-Alun kota Sumedang dan RSUD Sumedang. Biasanya Soto ini dijajakan untuk sarapan pagi atau ada juga yang menjualnya di siang hari. Harganya relatif murah, sekitar Rp. 15.000 hingga Rp. 25.000 per porsi.

Read 1296 times Last modified on Wednesday, 06 March 2019 13:29