Monday, 11 March 2019 00:00

Pagoda Pulau Kemaro, Sumatra Selatan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Pulau Kemaro adalah sebuah delta kecil di Sungai Musi. Pulau ini merupakan tempat rekreasi yang terkenal di Sungai Musi. Di sini terdapat Klenteng Hok Tjing Rio, dan kuil Buddha yang sering dikunjungi umat Buddha untuk beribadah atau berziarah ke makam.

Selain itu, pulau ini juga sering menjadi tempat penyelenggaraan acara Cap Go Meh setiap hari raya Imlek. Tidak hanya itu, daya tarik utama Pulau Kemaro adalah Pagoda dengan 9 lantai yang menjulang di tengah pulau.

Pagoda ini dibangun pada tahun 2006. Pada sisi-sisi lantai dasar bangunan pagoda terdapat cerita yang menggambarkan legenda Pulau Kemaro. Dari atas pagoda yang memiliki sembilan lantai ini, pengunjung dapat menyaksikan keindahan Pulau Kemaro yang dikelilingi oleh Sungai Musi.

Legenda yang tertulis pada lantai dasar pagoda ini juga yang menjadi daya tarik wisatawan. Legenda tersebut bercerita tentang pertemuan antara saudagar Tiongkok bernama Tan Bun An dan wanita Palembang bernama Siti Fatima yang berujung pada pernikahan. Dari legenda ini, banyak orang yang menyebut pulau ini sebagai Pulau Jodoh.

Pulau ini berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Palembang dan tidak jauh dari Jembatan Palembang, oleh karena itu menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Akses menuju pulau ini tidak sulit karena banyak penduduk local yang menyewakan perahunya dari dermaga Jembatan Ampera untuk menuju Pulau Kemaro.

Read 1115 times Last modified on Monday, 11 March 2019 12:19