Sunday, 17 March 2019 00:00

Guha Pawon, Jawa Barat

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Guha Pawon adalah sebuah goa purbakala yang terdapat di Desa Gunung Masigit, Cipatat, Padalarang, kabupaten Bandung Barat. Guha/ goa ini merupakan tempat yang sangat penting bagi masyarakat Jawa Barat, khususnya suku Sunda. Menurut cerita, tempat ini adalah tempat asal nenek moyang orang Sunda . Kebenaran cerita ini diperkuat dengan ditemukannya tulang belulang dan serpihan batu oleh peneliti. Diperkirakan peninggalan purbakala ini sudah berusia 10 ribu tahun . Hasil penelitian membuktikan tulang tersebut adalah milik manusia yang dahulu hidup di dalam goa, sedangkan serpihan batu merupakan perkakas yang digunakan pada zaman itu . Salah satu alasan goa ini dinamakan Guha Pawon adalah karena di sini ditemukan banyak perkakas rumah tangga peninggalan jaman dahulu .

untuk sampai ke tempat wisata ini tidak terlalu sulit. Karena jalannya tidak jauh dari jalan utama, sehingga bisa menggunakan transportasi umum. Jika berangkat dari Bandung, anda bisa menggunakan bus antar kota jurusan Bandung-Sukabumi atau Cianjur, dengan membayar Rp. 15.000 (Lima belas ribu Rupiah). Kemudian anda turun di Cipatat, Padalarang setelah melihat gapura bertuliskan “Selamat datang di Objek wisata Guha Pawon”. Jarak dari gapura ke obyek wisata Guha Pawon sekitar 2 Kilometer. Anda bisa menggunakan motor sewaan atau berjalan kaki dengan melewati perkampungan warga .

Untuk tiket masuk Ke Guha Pawon, pengunjung hanya membayar Lima ribu Rupiah per orang. Harga yang cukup terjangkau untuk tempat wisata yang kental dengan nilai edukasi. Ketika anda akan memasuki mulut goa yang berjarak sekitar 50 meter dari tempat parkir, anda akan disambut oleh kawanan monyet-monyet liar. Tetapi tidak perlu khawatir , karena monyet-monyet di Guha Pawon ini tidak mengganggu dan memang monyet-monyet ini hidup bebas di sekitar Guha Pawon.

untuk bisa masuk ke dalam Guha Pawon yang memiliki panjang 38 meter dan lebar 16 meter ini , anda harus mendaki bebatuan, karena mulut goa terletak beberapa meter di atas tanah. Oleh karena itu disarankan untuk memakai sepatu atau sandal gunung. Setelah sampai di mulut goa, anda harus melalui sebuah anak tangga kecil dari kayu untuk bisa masuk ke dalam lambung goa. Sementara di langit-langit goa, kawanan kelelawar terbang berputar-putar .   Goanya sendiri tidak terlalu besar, di dalam goa anda bisa melihat susunan bebatuan yang artistik, replika fosil manusia purba di sudut ruangan goa yang dilindungi pagar pengaman.

bila anda sedang berlibur ke Bandung , sempatkanlah untuk mengunjungi Goha Pawon ini. Dapat dipastikan liburan anda semakin berkesan. Kami akhiri Pesona Indonesia hari ini, kita bertemu lagi besok, tentu saja dengan topik yang lebih menarik. Inilah Suara Indonesia, dari Indonesia menuju dunia.

Read 1283 times Last modified on Monday, 18 March 2019 10:43