Monday, 18 March 2019 00:00

Rumah Adat Mbaru Embo, Nusa Tenggara Timur

Written by 
Rate this item
(20 votes)

Nusa Tenggara Timur yang terkenal akan wisata alamnya tenyata tidak hanya memiliki objek wisata alam yang memukau, tetapi juga memiliki wisata budaya seperti, Rumah Adat Mbaru Embo yang berada di Kampung Mok, Desa Mbengan, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur. Rumah adat ini unik karena, rumah ini tidak pernah di huni oleh manusia.

Kampung Mok tempat dimana Rumah Adat Mbaru Embo ini berada merupakan perkampungan tua yang dihuni oleh suku Nanga. Warga kampung ini percaya bahwa Mbaru Embo adalah hunian khusus arwah leluhur. Pasangan Embo Lenang dan Embo Teje diyakini sebagai tetua utama leluhur penghuni rumah adat itu.

Sesuai dengan tuntutan adatnya, Mbaru Embo berdiri di ketinggian punggung bukit bagian hulu kampung. Bangunannya berkolong, berbentuk melingkar, dengan satu titik yang merupakan puncak atap. Sebagian besar kerangka bangunan dari bahan bambu dan beratap ijuk. Suasana rumah leluhur itu selalu hening karena tidak berpenghuni dan lokasinya agak terpisah sekitar 50 meter hingga 200 meter dari jejeran perumahan warga.

Lokasi Kampung Mok berjarak 30 kilometer disebelah utara Borong, ibu kota Kabupaten Manggarai Timur. Berkunjung ke perkampungan ini tidak sulit karena sudah terhubung dengan jalur beraspal, meskipun disejumlah lokasi masih berlubang sehingga pengendara harus berhati-hati.

Jika berkunjung untuk melihat Rumah Adat Mbaru Embo, ada 5 peraturan yang harus dipatuhi oleh pengunjungnya. Pertama, pengunjung hanya boleh berada di luar rumah adat. Kedua, tidak boleh merokok. Ketiga, tidak boleh memakai baju berwarna merah. Keempat, tidak boleh mengambil foto rumah adat. Untuk mengambil foto pengunjung harus mendapat persetujuan tetua dan melakukan sebuah ritual adat. Kelima, tidak boleh membawa alat penerangan.

Read 4358 times Last modified on Tuesday, 19 March 2019 10:09