Thursday, 18 April 2019 00:00

Kain Kasab Aceh

Written by 
Rate this item
(2 votes)

The 21st Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2019, kembali digelar pada 24 hingga 28 April 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. Beragam kerajinan lokal Indonesia dipamerkan dalam pameran ini. Tak ketinggalan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Aceh Utara akan memamerkan sejumlah kerajinan tradisional Aceh dalam INACRAFT 2019. Ketua Dekranasda Aceh Utara, Cut Ratna Irawati menyebutkan produk unggulan daerah yang dipamerkan berupa tas Aceh, peci border, kain bordir dan sejumlah aksesosis khas Aceh. Ada pula kain kasab Aceh Utara, aneka perhiasan mulai motif rencong, dan lain sebagainya. Cut Ratna Irawati menambahkan, produk usaha kecil menengah yang dipamerkan itu secara kualitas sudah diakui masyarakat internasional, karena produk itu sudah dijual ke sejumlah negara seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan Amerika.

dari sejumlah produk lokal Aceh yang akan dipamerkan dalam INACRAFT 2019, kali ini kami ajak anda untuk mengenal lebih dekat kain Kasab Aceh . Kain Kasab adalah kerajinan tangan sulaman benang emas atau perak khas Aceh yang dijahit tradisional diatas kain beludru. Kain Kasab terdiri dari banyak motif yang pada umumnya berbentuk flora yang disulam bahkan dihiasi dengan manik-manik berwarna emas. Konon jenis kain tradisional ini mewakili status sosial yang belakangan tidak dipermasalahkan lagi. Warna Kuning melambangkan seorang raja, warna merah melambangkan hulubalang raja atau panglima, hijau melambangkan ulama dan hitam melambangkan rakyat jelata.

Bagi masyarakat Aceh, Kasab bukan sebatas dekorasi dan estetika. Namun corak Kasab juga merupakan simbol yang menyiratkan ketaatan beragama yang sudah melebur dengan budaya. Kasab pada umumnya digunakan saat pernikahan, sunatan, aqiqah dan ritual adat lainnya.

Selain diaplikasikan pada tirai, Kasab hadir pada dekorasi lainnya, diantaranya pelaminan, pintu gerbang, alas duduk, langit-langit rumah, kasur, kipas hingga gantungan kunci. Kasab kini tak lagi sebatas dekorasi dalam ritual adat. Namun sudah merambah ke souvenir yang menawarkan cita rasa etnik. Untuk proses pembuatannya sendiri lamanya waktu pembuatan bergantung jenis barang yang dibuat. Harganya pun bergantung jenis barangnya sendiri dan jenis benang yang digunakan. Jika menggunakan benang emas, tentu harganya akan lebih mahal.

Read 3583 times Last modified on Thursday, 18 April 2019 10:00