Tuesday, 23 April 2019 00:00

Kuliner Chai Kue

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Kuliner Chai Kue Kooliner.com

Pontianak, ibukota Kalimantan Barat ini menjadi salah satu tujuan wisata utama di pulau Kalimantan. Di kota ini tak hanya dikenal akan keindahan alamnya tapi juga menjadi surga wisata kuliner. Ada bubur pedas yang bisa anda nikmati sebagai menu sarapan. Ada pula kuliner lezat seperti Chai Kue yang bisa anda cicipi. Kuliner bernama Chai Kue ini mirip dengan pangsit, namun ukurannya lebih kecil dan kulit pelapisnya lebih tipis ,lembut dengan warna yang lebih putih.

Chai kue merupakan kuliner peranakan khas Pontianak. Chai kue terbuat dari tepung beras dan maizena. Adonan awalnya berbentuk bola besar, kemudian digilas dan dicetak berbentuk lingkaran. Setiap lembar kulit diisi dengan beragam isian, seperti kucai, rebung, daging ayam, daging sapi, atau udang, kemudian dilipat dan ditekan rapat pada bagian pinggirnya. Adonan ini kemudian dikukus diatas loyang beralaskan daun pisang. Sebelum dikukus, Chai Kue diolesi minyak kelapa terlebih dahulu, agar tidak lengket pada daun pisang.

Setelah dikeluarkan dari kukusan, permukaan chai kue diolesi dengan minyak bawang yang terbuat dari minyak kelapa dengan tumisan bawang putih. Bawang putih goreng nya dipakai untuk hiasan di bagian atas kue. Sebenarnya selain dikukus, Chai Kue juga bisa digoreng atau dibakar. Chai Kue biasanya disantap dengan sambal jeruk yang memiliki rasa pedas dan sedikit asam. Bisa juga disantap dengan campuran saus tiram dan kecap ikan. Sebagai kuliner yang tergolong populer di Pontianak, tentu saja sangat lah mudah menjumpai Chai Kue di toko makanan. Harga Chai kue tidaklah mahal hanya sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 per porsi.

Read 1533 times Last modified on Tuesday, 23 April 2019 17:30