Wednesday, 24 April 2019 00:00

Pesona Kepulauan Togean

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Salah satu desinasi wisata kepulaun Togean yang terletak di Kabupaten Tojo Una-una Sulawesi Tengah (togean.net) Salah satu desinasi wisata kepulaun Togean yang terletak di Kabupaten Tojo Una-una Sulawesi Tengah (togean.net) Foto : antaranews.com


Menelusuri kepulauan Togean akan menjadi suatu pengalaman traveling yang tidak akan terlupakan. Destinasi utama di Pulau Sulawesi ini akan menyuguhkan keindahannya dalam petualangan anda. Banyak yang tidak mengetahui bahwa di Sulawesi Tengah terdapat pulau yang sangat indah. Pulau ini terletak di Teluk Tomini yang merupakan teluk terbesar di Indonesia. Pulau Togean telah diresmikan pemerintah sebagai taman nasional (Kepulauan Togean National Park ) pada tahun 2004. Secara administrasi wilayah ini berada di KabupatenTojo Una-una.

Tidak kalah dengan pulau Bunaken, kepulauan Togean juga dikenal kaya akan terumbu karang yang jadi pusat keberagaman flora dan fauna di seluruh dunia, dan terdapat berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Terumbu karang di Kepulauan Togean kaya akan keaneka ragaman hayati laut dengan 4 type terumbu karang, yaitu karang tepi (fringing reef), karang penghalang (barrier reef), karang tompok (patch reef), dan karang cincin (atoll). Pulau ini cocok dijadikan tempat untuk berbulan madu. Pemandangannya sangat indah dengan suasananya sangat tenang, jauh dari keramaian dan kebisingan dan di saat senja pantainya syahdu. Pulau ini cocok untuk olahraga laut karena ombak landai dan tenang, aman untuk berenang dan menyelam. Ditambah lagi air lautnya biru dan pasir putih nan indah.

Beberapa aksi wisata yang dapat dilakukan di Kepulauan Togean antara lain: menyelam dan snorkeling di Pulau Kadidiri, memancing, menjelajah alam hutan yang ada di dalam hutan yang ada di  Pulau Malenge, serta mengunjungi gunung Colo di Pulau Una-una. Wisatawan juga bisa mengunjungi permukiman orang Bajo di Kabalutan. Secara administratif Kepulauan Togean berada di Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah. Untuk menuju Pulau Togean yang paling mudah adalah melalui Kabupaten Tojo Una-Una yang beribukota Ampan. Namun terlebih dahulu kita ke ibukota Palu menggunakan pesawat baru setelah itu menggunakan transportasi darat dan dilanjutkan naik perahu Kepulauan ini dikenal kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Dibentuk oleh aktivitas vulkanis, pulau ini ditutupi oleh tumbuh-tumbuhan yang subur dan rimbun, serta dikelilingi oleh formasi bukit karang. Batu karang dan pantai menyediakan tempat bagi beberapa binatang laut untuk tinggal dan berkembang biak, seperti kura-kura hijau. Kepulauan Togean merupakan sebuah ekosistem pulau-pulau kecil yang sangat strategis di Teluk Tomini dan secara sosial ekonomi mendukung wilayah daratan di sekitarnya, terutama dalam pemanfaatan sumberdaya laut. Hal ini akan memberikan dampak baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap terumbu karang yang ada di Kepulauan Togean sehingga perlu dilakukan upaya pengelolaan yang terpadu dan lestari.

 
Read 1975 times Last modified on Wednesday, 24 April 2019 15:45