Monday, 01 July 2019 00:00

Taman Nasional Lore Lindu, Sulawesi Tengah

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Taman Nasional Lore Lindu, Sulawesi Tengah Foto : liputan6.com

Hari ini akan memperkenalkan Taman Nasional Lore Lindu di Sulawesi Tengah. Jadi tetaplah bersama kami hanya di RRI World Service Voice of Indonesia.

Taman Nasional Lore Lindu merupakan salah satu taman nasional yang terdapat di Sulawesi Tengah, menjadi lokasi perlindungan hayati di Sulawesi. Jika dibandingankan dengan taman nasional lain, luas Taman Nasional Lore Lindu tidak terlalu besar. Sebagian besar terdiri dari hutan, pegunungan, sub-pegunungan dan sebagian kecil hutan dataran rendah.

Taman Nasional Lore Lindu memiliki fauna dan flora endemik Sulawesi serta panorama alam yang menarik karena terletak di garis Wallace yang merupakan wilayah peralihan antara zona Asia dan Australia.

Hewan-hewan endemik tersebut adalah anoa, babirusa, rusa, kera hantu (Tangkasi), kera kakaktonkea, kuskus marsupial dan binatang pemakan daging terbesar di Sulawesi, musang Sulawesi hidup di taman ini. Taman Nasional Lore Lindu juga memiliki paling sedikit 5 jenis bajing, dan 31 dari 38 jenis tikusnya, termasuk jenis endemik.

Taman Nasional Lore Lindu terletak sekitar 60 kilometer selatan kota Palu. Taman ini berada di selatan kabupaten Donggala dan bagian barat kabupaten Poso, menjadi daerah tangkapan air bagi 3 sungai besar di Sulawesi Tengah, yakni sungai Lariang, sungai Gumbasa dan sungai Palu.Taman Nasional ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat melalui rute Palu-Kamarora, Palu-Wuasa, Wuasa Besoa kurang lebih empat jam. Untuk kepentingan pengunjung, Taman Nasional Lore Lindu dilengkapi beragam fasilitas seperti kantor, pondok jaga, pos jaga, pintu gerbang, pusat informasi, camping ground, wisma tamu, menara pandang, shelter, jalan trail dan lainnya.

Read 1819 times Last modified on Monday, 01 July 2019 10:35