Thursday, 03 October 2019 09:06

Presiden Joko Widodo Menunggu Hasil Pemilihan Ketua MPR

Written by 
Rate this item
(0 votes)
foto : VOI foto : VOI

 

Presiden Indonesia Joko Widodo mengaku masih menunggu hasil pemilihan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat –MPR sebelum membicarakan soal persiapan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih untuk periode 2019-2024 mendatang. Berbicara usai menghadiri peringatan Hari Batik Nasional 2019, di Puro Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (02/10), Presiden Joko Widodo mengatakan, dirinya belum dapat membuka komunikasi dengan MPR, mengingat belum terpilihnya Ketua MPR untuk periode 2019-2024.

Pertama, pimpinan MPR itu belum ada, baru besok, belum. sehingga kita belum bisa berbicara. Saya belum bisa berbicara dengan pimpinan-pimpinan MPR yang ada. Apa yang mau dibicarakan, pimpinan MPR nya belum ada. Setelah besok terbentuk, ketua dan pimpinan MPR, baru kami menyampaikan mengenai pelantikan.”

Terkait usulan untuk memajukan pelantikan, Presiden Joko Widodo mengaku mendapatkan masukan dari sejumlah relawan, namun Jokowi menyerahkan sepenuhnya keputusan pelaksanaan pelantikan kepada MPR.

“Ya itu kita serahkan, yang punya kerja itu adalah MPR. Jadi kita serahkan ke sana. jangan tanyakan ke saya. Saya kan dapat usulan banyak dari relawan, pak dimajukan, pak tanggal 19. Ini adalah wilayahnya ada di MPR.”

Sebelumnya, dalam keterangan pers, Dewan Pimpinan Pusat Organisasi Kemasyarakatan PROJO mengusulkan kepada Komisi Pemilihan Umum, untuk memajukan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Sabtu, 19 Oktober 2019. Usulan ini diajukan dengan alasan kepraktisan, agar masyarakat dapat mengawal prosesi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Presiden Joko Widodo akan mengakhiri masa jabatan sebagai presiden periode 2014-2019 pada 20 Oktober. Menurut jadwal Komisi Pemilihan Umum, Presiden akan tetap dilantik pada 20 Oktober 2019. (Ndy)

Read 330 times Last modified on Friday, 04 October 2019 06:27