Tuesday, 23 January 2018 13:21

Hari Gizi Nasional, Kemenkes Tekankan Pentingnya Kemandirian Keluarga

Written by 
Rate this item
(2 votes)

 

Hari Gizi Nasional diperingati setiap 25 Januari dan tahun ini merupakan peringatan yang ke-58. Subtema hari Gizi tahun ini adalah 'Bersama Mencegah Stunting Melalui Kemandirian Keluargaā€¯. Direktur Bina Gizi, Direktorat Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak, Kementerian Kesehatan, Doddy Izwardy menjelaskan, terjadi penurunan jumlah gizi kurang dan gizi buruk setiap tahunnya di Indonesia. Dalam wawancara khusus bersama Voice of Indonesia pada Senin di Jakarta ia mengatakan, Berdasarkan Pemantauan Status Gizi tahun 2017 angka anak penderita underweight atau gizi kurang, stunting atau pendek dan wasting atau kurus semakin berkurang. Menjelang Peringatan Hari Gizi Nasional, ia meminta masyarakat bersimpati dan belajar dari Kejadian Luar Biasa Gizi Buruk di Asmat, Papua sehingga kedepannya tidak terjadi hal demikian di provinsi lain. Menurutnya, persoalan gizi seperti stunting dapat diatasi dengan edukasi mengenai gizi dan kesehatan. 

" Yang paling vital adalah membangun sumber dayanya. Di hari gizi ini kita dengan kemandirian keluarga lah, stunting bisa terhindar dengan 1000 hari pertama kehidupan. Jadi kita ambil yang paling kecil, paling inti. 1000 hari kehidupan tuh dari ibu hamil ya sampai 2 tahun, sehingga dia bisa tahan gizinya. Sehingga dia tidak melahirkan anak yang BBLR, Berat Badan Lahir Rendah ". Ungkap Doddy Izwardy

Doddy lebih lanjut menjelaskan, pengetahuan dan sikap orang tua dalam memenuhi kebutuhan gizi anaknya jelas sangat menentukan status gizi balita. Status gizi anak sangat berhubungan dengan pengetahuan dan sikap orangtua dalam memberikan asupan makanan. Program gizi yang telah dilakukan oleh pemerintah saat ini telah memberikan kontribusi terhadap penanggulangan masalah gizi yang ada. Upaya yang perlu dilakukan kedepan adalah percepatan perbaikan gizi yang dalam hal ini dinyatakan pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2013 tentang Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi dengan prioritas pada Seribu Hari Pertama Kehidupan atau 1000 HPK. (voi)

Read 1062 times Last modified on Tuesday, 23 January 2018 14:13