Saturday, 16 September 2023 14:02

Kedubes Ukraina Gelar Lelang untuk Anak-anak Terdampak Konflik di Ukraina

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin, memberi sambutan pada lelang penggalangan dana dan makan malam

 


Sebanyak 24 benda terjual pada puluhan undangan dalam lelang dan makan malam yang diselenggarakan Kedutaan Besar Ukraina di Jakarta. Kegiatan bertajuk “Let Them Smile” itu berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp161,4 juta. Di antara benda koleksi yang dilelang merupakan benda-benda yang terkait dengan hubungan Indonesia dan Ukraina.

 

Lelang ini menggandeng Olena Zelenska Foundation, yayasan yang didirikan Ibu Negara Ukraina, Olena Zelenska. Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin menyebut di akhir lelang, bahwa kegiatan ini bukanlah sekadar kegiatan senang-senang. Kegiatan ini, baginya, ialah menggalang dana bagi anak-anak dan keluarga di Ukraina yang terdampak konflik di negara tersebut.

 

“Spirit acara hari ini tidak mudah untuk dideskripsikan, namun hal yang terpenting (dari kegiatan ini) adalah kami bekerja untuk menyelamatkan kehidupan anak-anak, untuk membuat mereka bahagia dan selamat. Tidak peduli apa yang terjadi, namun anak-anak selalu merupakan bagian yang paling rentan di masyarakat kita,” katanya di The Westin Hotel Jakarta, Jumat (15/09/2023).

 

Walau begitu, Vasyl menyambut baik dan bersyukur atas antusiasme para peserta lelang. Menurutnya, kegiatan ini mencerminkan dukungan masyarakat Indonesia terhadap anak-anak di Ukraina.

 

“Benar, saya sangat bersyukur dengan komunitas (peserta) ini. Acara hari ini adalah tentang bagaimana perasaan rakyat Indonesia terhadap Ukraina, perasaan (mereka) terhadap anak-anak yang menderita,” katanya. di The Westin Hotel Jakarta, Jumat (15/09/2023).

 

Salah satu benda yang dilelang ialah lukisan piring keramik karya mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Lukisan yang merupakan koleksi pribadi Dubes Vasyl ini berhasil terjual sebesar Rp10 juta.

 

Selain itu, selembar prangko dari perusahaan pos Ukraina, Ukrposhta bergambar Jenderal Sudirman berhasil terjual sebesar Rp6,5 juta. Prangko tersebut hanya dicetak sebanyak 100 lembar, dan, menurut Vasyl, hanya terdapat lima lembar di Indonesia.

 

Juga dilelang dalam kegiatan tersebut ialah kotak-kotak cerutu buatan Indonesia dan dua lukisan karya putri Vasyl, Varvara Hamianin. Tongkat bulava khas pemimpin Ukraina zaman dahulu dan telur keramik karya seniman Tatar Rustem Skibin juga berhasil terjual.

 

Read 292 times Last modified on Saturday, 16 September 2023 16:45