Tuesday, 07 November 2023 21:25

Kemlu: RS Indonesia Gaza Dibangun Sepenuhnya untuk Kemanusiaan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Lalu M. Iqbal dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (7/11/2023). (Foto: Kemlu RI)

 

VOINews, Jakarta: Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Lalu Muhamad Iqbal menyatakan, Rumah Sakit Indonesia Gaza murni dibangun untuk kemanusiaan. Menurutnya, rumah sakit itu merupakan salah satu dari segelintir fasilitas kesehatan yang masih berfungsi di Jalur Gaza. Pernyataan ini menyusul tudingan Israel bahwa rumah sakit yang dibuka pada 2015 itu dijadikan markas besar organisasi Hamas.


“RS Indonesia di Gaza adalah fasilitas yang dibangun masyarakat Indonesia sepenuhnya untuk tujuan kemanusiaan, dan untuk melayani kebutuhan medis masyarakat Palestina di Gaza,” katanya dalam pernyataan pers di Jakarta, Selasa (7/11).


Iqbal menyebut bahwa Rumah Sakit Indonesia Gaza kini dikelola oleh otoritas Palestina di Gaza. Walau demikian, dari waktu ke waktu selalu ada relawan Indonesia yang membantu rumah sakit yang kini kelebihan kapasitas itu. Tiga relawan Indonesia yang kini berada di rumah sakit tersebut disebutnya sengaja tidak mengungsi, namun komunikasi terus berlanjut.


“Terkait 3 WNI (warga negara Indonesia) relawan di Rumah Sakit Indonesia, mereka dalam kondisi baik dan secara sadar memilih untuk tidak ikut dievakuasi oleh pemerintah. Kemlu terus berkomunikasi dengan ketiga WNI tersebut guna memonitor kondisinya,” katanya melanjutkan.


Iqbal menegaskan bahwa Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi sejak awal mengutuk serangan-serangan terhadap target sipil, termasuk rumah sakit. Retno, lanjutnya, juga menyerukan pengentian serangan tersebut, yang disebutnya membabi buta, dengan segera.


“Menlu RI sejak awal secara konsisten mengutuk dan menyerukan penghentian segera serangan membabi buta terhadap target sipil, khususnya fasilitas-fasilitas kemanusiaan di Gaza, termasuk rumah sakit dan ambulan,” sebutnya.

Read 234 times Last modified on Wednesday, 08 November 2023 09:33