Tuesday, 07 November 2023 12:37

Mesir Apresiasi Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Gaza

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Bantuan kemanusiaan Indonesia untuk masyarakat di Jalur Gaza, Palestina dikeluarkan dari pesawat Hercules TNI AU di Bandara El Arish, Mesir, Senin (6/11/2023). (Foto: Kementerian Luar Negeri RI)

 

VOINews, Jakarta: Bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk penduduk Jalur Gaza, Palestina tiba di Bandara El Arish, Mesir, Senin (6/11/2023). Bantuan di dalam pesawat yang tiba pukul 08:00 waktu setempat tersebut diterima oleh Bulan Sabit Merah Mesir. Wakil Menteri Luar Negeri RI Pahala Mansury, mengatakan bahwa beberapa pihak, termasuk Bulan Sabit Merah Mesir, mengapresiasi Indonesia.


“Dari berbagai pihak, termasuk juga dari Egyptian Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir), (mereka) menyampaikan apresiasi. Begitu juga dari Pemerintah Mesir ada juga, khususnya pemerintah lokal setempat yang berada di Bandara El Arish ini, mereka semua menyampaikan apresiasi,” katanya dalam keterangan resminya saat menyerahkan bantuan pada Senin malam, seperti dipantau dari Jakarta pada Selasa (7/11).


Pahala menambahkan, mereka mengapresiasi upaya pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk mengumpulkan bantuan kemanusiaan seberat 51,5 ton itu. Hal ini didasarkan pada pengamatan mereka akan kondisi masyarakat Palestina di Jalur Gaza.


“Mereka memberikan apresiasi juga atas apa yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, dalam hal bersama-sama semua melakukan upaya untuk bisa mengumpulkan bantuan, karena mereka melihat langsung bagaimana kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat Palestina yang ada di Gaza,” katanya melanjutkan.


Sementara itu, perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir, Mahmoud Gamal, secara khusus menyampaikan terima kasih atas bantuan kemanusiaan Indonesia. Mahmoud mengatakan bahwa saat ini pihaknya lebih memprioritaskan pada bantuan alat-alat kesehatan, yang sedang dibutuhkan masyarakat di sana. Alat-alat kesehatan diketahui merupakan salah satu bantuan logistik yang dikirimkan Indonesia untuk masyarakat di Gaza.

 

"Kami dari Bulan Sabit Merah Mesir bekerja 24 jam untuk menerima bantuan-bantuan dari semua negara yang datang ke Mesir, dan kami memilah-milah bantuan tersebut untuk kemudian disampaikan pada pihak lain. Kami memberikan prioritas-prioritas, dan di antara prioritas yang sekarang sangat dibutuhkan adalah bantuan medis. Khususnya untuk pihak Indonesia yang memberikan bantuan saat ini, kami ucapkan terima kasih," kata Mahmoud dalam kesempatan yang sama pada Senin malam.

 

Mahmoud juga menambahkan bahwa Bulan Sabit Merah Mesir sedang memerlukan cukup banyak bantuan kemanusiaan dari semua pihak dan negara. Bantuan tersebut terutama berupa kebutuhan-kebutuhan yang kini sangat dibutuhkan masyarakat Gaza.


“Untuk menerima bantuan-bantuan kemanusiaan tersebut, khususnya untuk warga Gaza, kami memerlukan bantuan yang cukup banyak terutama kebutuhan-kebutuhan kemanusiaan yang sekarang sangat dibutuhkan oleh Gaza, dari semua pihak dan semua negara,” katanya menerangkan. (Ranov/Rama)

Read 219 times Last modified on Wednesday, 08 November 2023 12:47