Sunday, 15 December 2019 00:00

Nasi Gegok, Kuliner dari Trenggalek Jawa Timur

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Kabupaten Trenggalek adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur. Pusat pemerintahannya terletak di kecamatan Trenggalek yang berjarak 180 Km dari Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur. Keistimewaan Trenggalek adalah dikelilingi oleh gunung yang saling terhubung.  Dengan demikian Kota Trenggalek berada di tengah-tengah, sehingga menjadikan sebagian  wilayah kabupaten Trenggalek  adalah pegunungan. Kabupaten Trenggalek , selain mempunyai tempat wisata yang menarik juga mempunyai kuliner yang khas, yang oleh masyarakat setempat sering disebut dengan Sego Gegok.

Nasi Gegok ini memiliki ciri khas berupa nasi pedas yang dilengkapi dengan teri. Selama ini masyarakat Trenggalek meyakini bahwa dengan makan Nasi Gegok yang bercita rasa pedas , dapat mengobati hidung yang tersumbat akibat flu dan selain itu juga bisa untuk menghilangkan rasa pusing.  Nasi gegok juga merupakan makanan sehari-hari masyarakat Trenggalek , khususnya di wilayah kecamatan Bendungan.

untuk mendapatkan rasa nasi Gegok yang masih asli, memang harus di tempat asalnya, yaitu Bendungan. Dari pusat kota Trenggalek menuju Kecamatan Bendungan, anda akan merasakan udara segar khas pegunungan. Dari Trenggalek pusat kota ke Bendungan hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit. 

Porsi bungkusan Nasi Gegok ini tidak terlalu besar. Jadi satu orang bisa menghabiskan sekitar dua hingga 3 bungkus nasi Gegok. Di warung yang menjual nasi Gegok , biasanya tidak hanya menjual nasi Gegok saja, tetapi juga  menyediakan bermacam lauk seperti tempe goreng, sate tulur puyuh , sate usus, sate jerohan dan aneka lauk lainnya.  Penampilan nasi Gegok ini memang tampak sederhana, karena hanya dibungkus daun pisang, tapi justru aroma dan rasa alami daun pisang ini yang membuat citarasa nasi Gegok yang tampak sederhana menjadi kaya rasa.

di dalam satu bungkus nasi Gegok ada nasi putih dan lauk yang menyertai yaitu sambal teri dengan campuran tempe diiris kecil-kecil.  Cara membuat nasi Gegok ini terbilang mudah;, nasi yang sudah dibungkus dengan daun pisang dan sudah dimasak hingga setengah matang diberi sambal teri yang dibuat dari teri yang   sudah ditumis dengan bawang putih, bawang merah serta cabai dan tempe yang juga sudah dipotong kecil-kecil,  kemudian dikukus selama 15 menit hingga matang.  Untuk mendapatkan citarasa yang pedas  sebaiknya yang digunakan adalah cabai rawit.

Untuk menikmati sebungkus nasi Gegok, anda hanya membayar Rp. 5000.  Sedangkan untuk tambahan lauk yang anda makan, tentu saja anda harus membayar sesuai yang anda makan.  Pendengar, Nasi gegok ini bertambah nikmatnya apabila anda menyantapnya langsung di warungnya , apalagi ditambah minuman hangat

Read 1934 times Last modified on Sunday, 15 December 2019 21:08