Thursday, 19 December 2019 00:00

Desa Kertayasa

Written by 
Rate this item
(0 votes)

10 Desember lalu, Desa Kertayasa di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, diumumkan menjadi pemenang pertama dalam lomba Desa Wisata Nusantara 2019. Desa Kertayasa meraih juara pertama dalam kategori desa wisata maju. Penghargaan diberikan oleh Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi PDTT Taufik Madjid. Menurut Taufik Madjid, lomba Desa Wisata Nusantara 2019 ini merupakan upaya untuk terus memajukan sektor pariwisata. Desa Kertayasa terpilih sebagai desa wisata maju, karena Desa Kertayasa mampu menyumbang pendapatan asli desa. Selain itu, juga mampu meningkatkan perekonomian warga.

Desa Kertayasa yang merupakan  salah satu Pemenang Lomba Desa Wisata Nusantara terletak di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Dari Pangandaran, desa wisata ini bisa ditempuh selama kurang lebih 1 jam menggunakan transportasi darat. Desa Kertayasa selama ini memang dikenal sebagai salah satu desa wisata utama di Pangandaran.  Ada beragam wisata menarik yang bisa dilakukan di desa wisata ini, seperti body rafting, camping ground, pertunjukan atraksi seni-budaya dan sektor kerajinan. Tentu yang paling terkenal adalah bodyrafting di Sungai Cijulang atau Green Canyon.

Body Rafting akan membawa anda menyusuri sungai Cijulang sepanjang 5 kilometer hingga 10 kilometer dengan waktu tempuh 2 hingga 5 jam. Selama bodyfating, anda akan berpacu dengan arus sungai melintasi jeram yang cukup menantang adrenalin. Anda  akan berjumpa pula dengan keindahan bentuk batu-batu Stalaktik-Stalaknit yang begitu mempesona. Anda juga akan melewati mulai dari hutan nipah, hutan bakau, hingga hutan tropis. Selain itu, berenang di air kehijauan yang dingin sambil menikmati tebing-tebing tinggi juga akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan ketika berwisata ke desa Kertayasa ini.

Read 819 times Last modified on Friday, 20 December 2019 21:14