Sunday, 22 December 2019 00:00

Pantai Watu Dodol Banyuwangi Jatim

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Kawasan Wisata Pantai Watu Dodol merupakan pintu masuk ke Kabupaten Banyuwangi dari wilayah Kabupaten Situbondo. Watu Dodol merupakan sebuah batu karang besar berwarna hitam yang sangat keras serta memiliki bentuk yang unik, yaitu bagian atasnya lebih besar daripada dasarnya. Pada bagian selatan sisinya , tumbuh pohon kelor yang menambah keunikan batu tersebut. Dari arah Banyuwangi kota ke obyek wisata ini dapat ditempuh dengan jarak 14 kilometer ke arah utara, atau sekitar 5 kilometer dari pelabuhan Ketapang.

Selain menikmati indahnya panorama laut, pengunjung dapat pula mendaki bukit yang letaknya hanya berseberangan jalan. Di bukit ini telah disediakan jalan setapak untuk dilewati oleh pengunjung . Sampai di atas bukit, pengunjung dapat melihat panorama selat Bali yang lebih luas dan indah. Pantai Watu Dodol dilengkapi juga dengan tempat peristirahatan sementara bagi pengendara yang melewati jalur Situbondo-Banyuwangi. Selain itu kawasan wisata pantai ini juga dilengkapai fasilitas parkir yang luas, warung-warung yang menyediakan makanan khas Banyuwangi, toko-toko yang menjual kebutuhan sehari-hari, kamar mandi bagi wisatawan yang bermain di pantai dan persewaan perahu nelayan untuk ke tengah laut. Lokasi pantai cukup rindang karena banyak ditumbuhi pohon . Sangat nyaman sekali. Selain dibatasi laut di sebelah timur, lokasi wisata ini juga langsung berbatasan dengan bukit dan hutan.

dalam bahasa Jawa, watu mempunyai arti Batu, sedangkan dodol berarti jenang . Menurut cerita masyarakat setempat , asal mula nama tempat wisata ini adalah, pada jaman dahulu seorang prajurit kerajaan Blambangan, kerajaan yang berada di paling timur pulau Jawa membawa bekal berupa “Jadah”, sejenis dodol yaitu jenang yang terbuat dari ketan berbentuk lonjong seukuran telapak tangan. Pada saat beristirahat di tepi pantai, bekal yang dia bawa tertinggal . Dodol itulah yang akhirnya berubah menjadi Watu Dodol.

Apabila ada sedang berada di Banyuwangi carilah waktu yang cukup untuk menikmati keindahan Pantai Watu Dodol dan sekitarnya. Karena selain pemandangannya yang indah, di pantai ini wistawan juga diperbolehkan untuk mandi di laut, karena kondisi pantai ini tidak membahayakan untuk aktivitas berenang, bagi anda yang mempunyai hobi memancing, anda bisa menyewa perahu kecil agar bisa sampai ke tengah laut untuk memancing. Biasanya akan dipandu oleh pembawa perahu untuk mendapatkan spot yang banyak ikannya.

Read 1202 times Last modified on Monday, 23 December 2019 08:06