Sunday, 09 August 2020 00:00

Keindahan Air Tagepe dari Nusa Tenggara Timur

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTOT WORDPRESS.COM FOTOT WORDPRESS.COM

Objek wisata Air Tagepe ini terletak di Desa Noinbila kecamatan Mollo Selatan, kabupaten Timor Tengah Selatan , Nusatenggara Timur. Tagepe berasal dari bahasa Melayu Kupang yang dalam bahasa Indonesia berarti “terjepit” atau “ terhimpit”. Jadi Air Tagepe mempunyai arti, air yang terjepit atau terhimpit. Dinamakan demikian karena aliran air mengalir melewati celah barisan tebing batu yang sangat sempit. Memang objek wisata alam Air Tagepe menawarkan pesona tebing batu yang berkelok-kelok. Dengan aliran sungai yang mengalir membelah dua tebing batu, aliran sungai tersebut seakan memisahkan dua tebing batu, di sisi kiri dan kanannya.

air dari Air Tagepe   berasal dari air terjun Oehala yang mengalir sepanjang tahun. Air di obyek wisata ini berwarna kebiruan hampir mirip dengan warna air laut. Airnya sangat sejuk karena Air Tagepe terletak di dalam hutan yang masih alami. Alamnya masih hijau dan sejuk karena banyak pohon rindang dan udaranya cukup dingin. Kedalaman air Air Tagepe ini kurang lebih 1,70 meter, lebar tebing sekitar 4-5 meter dan tinggi tebing mencapai 6 meter.

Obyek wisata Air Tagepe ini memang benar-benar menyimpan banyak keindahan dan buka selama 24 jam. Walaupun demikian, tidak disarankan untuk datang pada waktu hari sudah gelap, karena lokasi yang berisikan bebatuan dan juga tebing bisa berbahaya jika dikunjungi pada saat kondisi kurang pencahayaan. Siang hari pengunjung bisa menyusuri jalur Air Tagepe sepanjang 1 Km sampai menemui air terjun.

Tetapi dibalik keindahannya, pengunjung perlu waspada dan berhati-hati karena pada musim hujan tebing batu yang sempit ini bisa longsor dan banjir. Obyek wisata untuk memasuki objek wisata ini para pengunjung yang datang dengan motor akan dikenakan tarif masuk Rp.5000. Sedangkan bagi anda yang mengendarai mobil akan dikenakan tarif masuk 10.000.

Read 668 times Last modified on Monday, 10 August 2020 07:09