Wednesday, 19 August 2020 00:00

Pantai Tanjung Layar

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Antara Foto Antara Foto


VOI PESONA INDONESIAN Pantai Tanjung Layar adalah objek wisata di kawasan Desa Wisata Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Nama pantai ini diambil dari gambaran dua buah batu karang raksasa yang berbentuk seperti layar kapal yang terkembang. Di sisi timur pantai ini terdapat gugusan karang yang berbentuk seperti jejak kaki sebelah kiri berukuran dua kali satu meter yang dinamai Jejak Kaki Kabayan. Kabarnya, jejak kaki lainnya ada di daerah Jampang
, Sukabumi. Saat ini, Pantai Tanjung Layar dan pantai lainnya di kawasan Desa Wisata Sawarna dikelola oleh BUMdes Sawarna. Di masa Hindia Belanda, tanjung ini dikenal dengan nama Java’s Eerste Punt atau “ujung pertama Pulau Jawa. Sejarah tentang Pantai Tanjung Layar juga terdapat dalam babad sunda dan legenda (dongeng) pesisir selatan.

:
Menurut dongeng dan cerita para terdahulu, dua buah karang raksasa di kawasan Tanjung Layar adalah jelmaan dari dua buah kekuatan yang akan dijadikan layar kapal Sangkuriang untuk berlayar mengarungi Samudera Selatan ketika akan melangsungkan pernikahan dengan Ibunya, Dayang Sumbi, tetapi Sang Hyang Widi tidak mengizinkan kehendak Sangkuriang, maka diamuklah semua peralatan kapal termasuk layarnya, konon kapal tersebut ditendang ke sebelah utara menjadi Gunung Tangkuban Perahu, sedangkan layar-layar yang besar dilempar ke bagian selatan pulau Jawa menjadi karang yang kokoh dan tegar di pantai selatan Provinsi Banten. Meskipun sebenarnya karang kembar berbentuk kerucut ini terjadi karena perubahan alam ratusan tahun lalu.
Untuk mencapai Tanjung Layar ada beberapa rute yang dapat dicoba yaitu dari arah Timur, Barat. Apabila anda melakukan perjalanan dari Timur,  anda bisa melalui jalur dari kota Jakarta menuju jalur arah kota Sukabumi, Namun sebelum memasuki kota Sukabumi tepatnya di daerah Cibadak lalu berbelok ke kanan ke arah Cikidang menuju arah Pelabuhan Ratu. Rute dari Barat dimulai dari Jakarta untuk kemudian menuju arah Pandeglang. Dari Pandeglang ini selanjutnya anda langsung lanjut ke Saketi hingga sampai di Malingping. Dari kota itu, kemudian ke kecamatan Bayah dan segera ke Sawarna. Alternatif lainnya, anda bisa memilih arah dari kota Bogor kemudian menuju daerah Rangkasbitung ke arah Gunung Kencana. Kemudian ikutilah penunjuk jalan ke desa Sawarna. Sepanjang perjalanan menuju Pantai Layar anda akan disuguhkan pemandangan bukit dan gunung dan Pantai.


Di samping pantai, daerah pantai Layar juga dikenal sebagai "daerah seribu gua". Karena sekitar pantai ini memang memiliki ribuan gua yang terbentuk dari batuan kapur di pegunungan yang membentang dari Pelabuhanratu sampai Bayah dan Malingping. Di sekeliling kolam laut alam ini terdapat berbagai jenis hewan laut yang biasa menghuni karang. Juga terdapat ganggang hijau di sebagian kawasan ini. Meskipun pantai ini tidak dapat digunakan untuk berenang atau berselancar namun pantai Tanjung Layar merupakan sebuah "surga dunia" bagi para pecinta fotografi. Banyak tempat di Pantai Tanjung Layar yang cocok dijadikan objek fotografi. Untuk fotografer profesional akan lebih mudah menemukan objek eksotis di kawasan wisata ini. Bahkan oleh sebagian wisatawan, Tanjung Layar disebut sebagai surga tersembunyi di wilayah Pantai Selatan Pulau Jawa.

Read 597 times Last modified on Wednesday, 19 August 2020 11:05