Tuesday, 29 September 2020 00:00

“Kuliner Jangan Uyah Asam”

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Bayuwangi kini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia, karena kebupaten ini menawarkan paket wisata yang lengkap, dari wisata alam, budaya hingga kuliner. Berwisata kuliner di kota berjuluk Sunrise of Java ini, hasrat wisata kuliner anda akan terpuaskan. Ada beragam kuliner lezat yang wajib anda coba. Salah satunya Jangan Uyah Asam. Jangan Uyah Asam merupakan makanan kuno warga Banyuwangi yang masih dilestarikan. Kuliner ini biasanya selalu hadir ketika upacara upacara adat suku Osing yaitu suku asli Banyuwangi digelar. Dalam bahasa Indonesia "Jangan" artinya adalah sayur. Bentuknya seperti sop, namun kuahnya pedas dan asam. Isinya adalah potongan besar ayam kampung yang rasanya gurih dan nikmat. Bahan dasarnya tentu ayam kampung dan ditambah papaya muda. Ayam kampung dipilih karena mempunyai tekstur yang lebih padat daripada ayam potong, selain itu rasanya juga lebih gurih.

 

Untuk bumbunya, Jangan Uyah Asam menggunakan cabe merah, cabe rawit, tomat, gula dan garam yang dihaluskan.  Jika ingin lebih memberikan rasa yang lebih asam lagi bisa ditambahkan dengan irisan-irisan belimbing wuluh. Bisa juga ditambahkan dengan daun wadung yang rasanya asam. Cara memasaknya, ayam direbus hingga empuk, kemudian masukkan irisan pepaya mentah dan bumbu yang sudah dihaluskan. Masak hingga matang danJangan Uyah Asem pun siap dihidangkan. Kuliner ini sangat cocok dinikmati dengan sepiring nasi panas, sambal dan kerupuk.

 

tidak seperti kuliner khas Bayuwangi lainnya, tidak mudah menemukan penjual Jangan Uyah Asam di Banyuwangi. Salah satu warung makanan yang menjual kuliner ini berada di di Jalan Raya Glagah Dusun Jambean Kecamatan Glagah. Jika anda memesan satu porsi Jangan Uyah Asem, anda akan mendapatkan semangkuk Jangan Uyah Asem, sambal mentah yang rasanya pedas dan juga beberapa potong tempe. Harga satu porsi Jangan Uyah asem sekitar Rp 10.000 hingga 20.000.

Read 393 times Last modified on Wednesday, 30 September 2020 09:41