Wednesday, 07 October 2020 00:00

Taman Nasional Laiwangi-Wanggameti

Written by 
Rate this item
(0 votes)




Taman Nasional Laiwangi Wanggameti, merupakan sebuah daerah perlindungan flora dan fauna di pulau Sumba, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Terletak di bagian selatan pulau Sumba dan berjarak sekitar 100 Km dari kota Waingapu. Secara administrasi berada pada 3 wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Tabundung, Paberiwai dan Pinu Pahar. Taman ini merupakan suatu perwakilan berbagai tipe hutan di pulau Sumba, termasuk “hutan elfin” yang jarang terdapat dan memiliki keanekaragaman jenis bernilai cukup tinggi terutama yang terdapat pada ketinggian 800 meter dari permukaan laut. Kawasan Taman Nasional Laiwangi Wanggameti merupakan rumah bagi 176 jenis burung, 22 jenis mamalia, 115 jenis kupu- kupu, 7 jenis amphibi, dan 29 jenis reptile. Taman Nasional ini juga merupakan bagian kawasan Hutan Wanggameti yang di dominasi pohon kayu omang atau cemara hutan. Selain itu, k
omposisi Taman Nasional Laiwangi Wanggameti meliputi 60 persen adalah stepa dan 40 persen adalah hutan hujan dataran rendah dan hutan hujan dataran tinggi.


Perpaduan beberapa tipe ekosistem dengan bentang alam yang berbukit terjal dan lembah yang dalam, merupakan pemandangan alam yang eksotis khas Taman Nasional Laiwangi Wanggameti. 
 Untuk melihat panorama yang eksotis ini, kita dapat menikmati melalui paket kegiatan wisata jelajah rimba dan pendakian. Beberapa pintu masuk atau titik pemandangan yang paling ideal untuk menikmati keindahan panorama eksotis Taman Nasional Laiwangi Wanggameti tersebut antara lain: Desa Nangga, Desa Wanggameti, Dataran Tinggi Katikuwai, dan Puncak Wanggameti. Selain obyek panorama bentang alam, juga terdapat obyek-obyek khusus, seperti : Danau Laputih, Air Terjun Laputi, Air Terjun Waikanabu dan Air Terjun Wanggameti. Untuk Danau Laputi dan Air Terjun Laputi terdapat di Desa Praingkareha, Kec.Tabundung.  Obyek ini sudah cukup dikenal dan banyak dikunjungi oleh masyarakat Sumba Timur.  Air Terjun Waikanabu terletak di Desa Waikanabu, Kec. Tabundung.


Untuk mencapai Taman Nasional nan asri yang
didirikan pada tahun 1998 ini, Anda terlebih dahulu harus melalui atau menuju Kota Kupang, Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dari Kupang mengambil penerbangan ke Bandara Umbu Mehang Kunda di Kota Waingapu. Kemudian perjalanan dilanjutkan menggunakan jalur darat dengan mobil yang berjarak 100 km dari kota Waingapu atau 2 jam perjalanan ke Taman Nasional Laiwangi Wanggameti di Desa Wanggameti, Tana Rara dan Tabundung.Memang terdengar  sangat jauh, tapi Anda akan merasakan petualangan yang luar biasa dan menikmati keindahan alam yang disajikan oleh Taman Nasional Laiwangi Wanggameti. Persiapkan diri untuk petualangan seru di Nusa Tenggara Timur.


Read 610 times Last modified on Thursday, 08 October 2020 08:43