Monday, 16 November 2020 00:00

Gua Haji Mangku, Kalimantan Timur

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Gua Haji Mangku, Kalimantan Timur Gua Haji Mangku, Kalimantan Timur

VOI PESONA INDONESIA Mungkin tak banyak yang tahu atau bahkan mendengar tentang sebuah gua yang berada di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan yang bernama Gua Haji Mangku. Gua yang terletak sekitar puluhan meter dari bibir pantai utara Pulau Maratua ini mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan sekitar 3 tahun belakangan ini.

Berdasarkan namanya, gua ini ditemukan oleh seseorang yang bernama Haji Mangku. Dari beberapa macam tipikal gua sejenis yang terdapat di Maratua, Gua Haji Mangku merupakan salah satunya yang paling mudah diakses.

lokasi gua ini berada di tengah-tengah hutan yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun. Dimulai dengan trekking ringan melewati hutan kecil, pengunjung harus lebih ekstra hati-hati dalam memilih pijakan karena jalurnya yang berkarang tajam.

Sesampainya di lokasi, setelah berjalan melewati pepohonan rindang, pengunjung akan disambut oleh bibir gua yang membentuk seperti kolam alami, memanjang dengan airnya yang jernih berwarna kebiru-biruan. Untuk memasuki gua berair payau ini, ada dua cara yaitu, loncat terjun langsung dari atas gua atau masuk dari mulut gua yang setengahnya sudah tertutupi air.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Gua Haji Mangku adalah di siang hari, karena pada saat itu cahaya matahari akan masuk menyinari gua dan bahkan menembus hingga ke bagian dalam gua. Penampakan airnya pun akan terlihat lebih biru jika dibandingkan datang pada saat sore hari ketika matahari sudah hampir tenggelam. Air dalam gua ini berasa asin karena lorong dalam gua tersebut tembus sampai ke laut.

di tempat wisata ini belum terdapat fasilitas penunjang bagi para pengunjung, seperti toilet, ruang ganti baju, warung makanan ataupun yang lainnya. Sehingga, sangat disarankan pengunjung membawa bekal makanan dan minuman ringan yang dibeli di Maratua sebelumnya.

Bagi yang ingin snorkeling, free-diving ataupun cave diving di lokasi gua, jangan lupa untuk membawa alat-alatnya, karena di sekitar gua belum terdapat penyewaan alat untuk snorkeling ataupun diving.

Read 722 times Last modified on Wednesday, 18 November 2020 14:59