Monday, 11 January 2021 00:00

Taman Nasional Lore Lindu, Sulawesi Tengah

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTO : Pesona Indonesia FOTO : Pesona Indonesia

VOI PESONA INDONESIA Taman Nasional Lore Lindu merupakan salah satu taman nasional di Indonesia yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah dan salah satu lokasi perlindungan hayati Sulawesi. Taman Nasional Lore Lindu terletak sekitar 60 kilometer selatan kota Palu. Taman Nasional Lore Lindu yang terletak di selatan kabupaten Donggala dan bagian barat kabupaten Poso menjadi daerah tangkapan air bagi 3 sungai besar di Sulawesi Tengah, yakni sungai Lariang, sungai Gumbasa dan sungai Palu. Taman nasional ini terbagi atas tiga kawasan, yakni Suaka Margasatwa Lore Kalamanta, Hutan Wisata Danau Lindu, dan Suaka Margasatwa Sopu Gumbasa.

Taman Nasional Lore Lindu memiliki fauna dan flora endemik Sulawesi serta panorama alam yang menarik karena terletak di garis Wallace yang merupakan wilayah peralihan antara zona Asia dan Australia. Taman nasional ini juga merupakan habitat mamalia asli terbesar di Sulawesi. Anoa, babirusa, rusa, binatang hantu (tangkasi), kera tonkea, kuskus marsupial dan binatang pemakan daging terbesar di Sulawesi, musang Sulawesi hidup di taman ini.

Selain flora dan fauna endemiknya, patung-patung megalit yang usianya mencapai ratusan bahkan ribuan tahun juga tersebar di kawasan Taman Nasional Lore Lindu seperti Lembah Napu, Behoa dan Bada. Penelitian tahun 2013, di sana ada 1.466 temuan megalitik dari 83 situs yang telah diungkap. Patung megalit di Taman Nasional ini diklasifikasikan dalam 5 kategori seperti, patung-patung batu yang berupa manusia; kalamba yang berbentuk tempat penyimpanan air yang besar; tutu’na yang berupa piringan-piringan batu, batu dakon yang berupa batu-batu berbentuk rata sampai cembung yang menggambarkan saluran-saluran; dan bentuk-bentuk lain seperti mortar batu, tiang penyangga rumah, dan lain-lain. Taman Nasional Lore Lindu beroperasi selama 24 jam dengan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Read 379 times Last modified on Tuesday, 12 January 2021 08:49